Rabu, 27 Januari 2021 | 23:34 WIB

Adanya Satgas Citarum Harum Warga di Ciparay Sadar Kebersihan

foto

Elly Susanto

Neneng Rosidah

CIPARAY, indoartnews.com ~ Warga masyarakat di Kec. Ciparay Kab. Bandung, menyatakan rasa senangnya menyaksikan kebersihan sungai Cirasea anak sungai Citarum berikut kebersihan lingkungannya.

Pernyataan warga ini disampaikan Neneng Rosidah salah seorang warga Kp. Rancabogo Desa Sagara Cipta Kec. Ciparay saat diwawancara indoartnews.com, Selasa (10/11-2020).

Neneng bercerita, ia yang kebetulan bekerja di Ciparay sebagai kota Kecamatan sering bolak balik melewati sungai Cirasea. Saat itu kondisi sungai banyak sampah, airnya keruh, berbau, banyak kotoran.

"Setelah kehadiran Satgas Citarum Harum jelang 3 tahun ini aliran air sungai Cirasea mulai jernih. Jika pun suatu ketika airnya keruh, itu adalah dari hulu yang terbawa air hujan. Karena, di sini tidak ada pabrik. Jadi tidak ada limbah, " ujar Neneng.

Disebutkannya, kehadiran Satgas di wilayah ini telah mengubah lingkungan yang bersih dan perilaku warga yang berubah disiplin, warga tidak lagi membuang sampah sembarangan, khususnya ke sungai.

"Hal yang menggembirakan, terjadinya kedekatan antara masyarakat dengan TNI, membaur. Dulu, jika ada tentara pakai loreng saya dan ibu ibu suka takut bahkan suka lari bersembunyi, " ujar Neneng Rosidah sambil tertawa.

Sekarang, katanya pula, terasa TNI sebagai pengayom masyarakat memberi contoh tidak membuang sampah sembarangan, memberi contoh dalam menjaga lingkungan dan amat bermanfaat.

"Saya, ucapnya, sering menyaksikan TNI dengan masyarakat berbaur melaksanakan kerja bakti. Satgas turun, warga pun turun sehingga terjadi jalinan sosial yang kian erat.

"Himbauan jangan buang sampah sembarangan telah ditaati karena warga memahami pentingnya kebersihan. Sebab akibat membuang sampah sembarangan selain bisa menimbulkan penyakit juga bisa menimbulkan banjir karena aliran airnya tersumbat," tegasnya seraya menambahkan walau Satgas kelak tidak ada lagi tetap memelihara kebersihan.

Sementara Dansubsektor 09 Ciparay, Pelda Cece Suhendri menyatakan senang warga bersama sama Satgas turun membersihkan lingkungan dan sungai.

Selain itu, kata Pelda Cece,. masyarakat pun tidak lagi membuang sampah ke sungai dan sembarangan. Mereka pun menyatakan bersyukur dengan kehadiran Satgas Citarum Harum dalam lingkungannya.**

Editor : H. Eddy D