Minggu, 29 November 2020 | 05:32 WIB

Demi Bersihnya Aliran Sungai, Begitu Gigihnya Perjuangan Serka Erik

foto

Serka Erik saat mengangkat sampah yang menyumbat aliran air anak sungai Cimande di jalan raya Sindang Pakuon, Kecamatan Cimanggung, Parakan Muncang, Kab. Sumedang, Jumat (23/10).

SUMEDANG, indoartnews.com ~ Warga dan Pasukan Sektor 21 Subsektor 15 Sumedang terkaget-kaget, menyaksikan Serka Eri Krisyana yang akrab disapa Serka Erik turun ke lubang utama (main hole) selokan anak sungai Cimande yang amat kotor dan bau, tersumbat sampah.

Warga dan Satgas mengkhawatirkan saat menyaksikan Serka Erik, turun langsung, menyelam untuk membersihkan sampah di main hole itu. Sampah terus diangkat ke darat, aneka kotoran juga terlihat diangkat ke atas.

Berbagai jenis sampah yang berbau termasuk bangkai-bangkai tikus hari itu Jumat (23/10-2020) diangkat sehingga mencapai 5 kwintal sampah.

"Ya Ampuuun Pak Erik koq nekad turun dengan kondisi main hole anak sungai Cimande bau menyengat dengan kotoran sampah", ucap salah seorang warga Kp. Parakan Muncang desa Cimanggung yang juga menyaksikan hal itu.

Selokan anak sungai Cimande tersumbat sampah mengakibatkan air meluap ke jalan dan menghambat lalu lintas jalan raya Sindang Pakuon, Cimanggung, Parakan Muncang, Kab. Sumedang.

Setelah sampah terangkat, aliran selokan anak sungai Cimande itu mengalir normal kembali dan lalu lintas pun kembali lancar.

Karena itu, Satgas menghimbau masyarakat jangan membuang sampah sembarangan khususnya ke sungai dan tetap ikut memelihara kebersihan sungai serta menjaga kebersihan lingkungan. **