Minggu, 29 November 2020 | 05:05 WIB

Dirut RSUD Al Ihsan ; Pentingnya Protokol Kesehatan Diterapkan Kepada Pasien

foto

Elly Susanto

Direktur Utama RSUD Al Ihsan, Dewi Basmala saat diwawancarai awak media usai acara Obras di RS Al Ihsan, Senin (19/20).

BANDUNG, indoartnews.com ~ Direktur Utama (Dirut) RSUD Al Ihsan, Dewi Basmala mengemukakan pentingnya protokol kesehatan (prokes) diterapkan kepada pasien rawat inap dan rawat jalan serta keluarga pengantar.

Keterangannya itu ia kemukakan saat wawancara dengan awak media pada acara Obrolan Santai (Obras) Bersama Al Ihsan di Jl. Balesarakan, Baleendah Kabupaten Bandung, Senin (19/10).

Untuk rawat jalan, katanya, protokol kesehatan mutlak dilakukan dengan cara harus pakai masker juga menjaga jarak.

Perihal menjaga jarak ini, Dirut RSUD Al Ihsan mengemukakan begitu ketatnya Satpam RSUD dalam mengatur jarak. Hal yang sama dilakukan kepada pengunjung RS saat pendaftaran.

Memakai masker itu, katanya, mutlak sekali. Petugas Satpam setiap 30 menit selalu melakukan sweeping ke seluruh area.

"Jika kedapatan tidak memakai masker, petugas Satpam selain menegurnya juga menungguinya sampai orang itu memakai maskernya, " ucap Dirut Dewi Basmala.

Ia mengatakan di RS ini dari mulai awal pandemi Covid-19 ada 1500-an pasien yang masuk, 60% pasien yang berobat jalan dan 40% pasien rawat inap.

"40 persen yang dirawat itu, tentu ada yang gejala ringan, ada yang sedang atau ada yang berat. Jadi saya rasa kalau rumah sakit tidak bisa menghindari pasien covid", ujarnya.

Dewi pun menjelaskan, pasien yang sudah pasti Covid itu tidak bisa didatangi, mereka diisolasi khusus. "Isolasi khusus itu tergantung dari kategori penyakitnya. Ada yang mulai isolasi khusus yang biasa, sampai yang tekanan negatif. Kita sudah lengkap semuanya", tutup Dirut RS Al Islam Dewi Basmala mengahiri keterangannya.**

Editor : H. Eddy D