Senin, 26 Oktober 2020 | 04:34 WIB

Taman Kehati Siapkan Kolam Ikan Kolaborasi Bersama BKIPM Bandung

foto

Ken Zanindha

CIMAHI, indoartnews.com ~ Dansektor 21 Citarum Harum Kol. Inf. Yusep Sudrajat menjelaskan, saat ini Sektor 21sedang menyiapkan pembuatan kolam ikan di Taman Kehati Kota Cimahi untuk membudidayakan ikan dengan baik.

Penjelasannya itu ia kemukakan kepada pers saat setelah pertemuan dengan Kepala Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Produk Perikanan Bandung Dedy Arief Hendriyanto di Taman Kehati Cipageran Kota Cimahi Ahad (6/9) yang juga dihadiri Ketua Citarum Harum Insitute, Eki Baihaki.

Dalam pertemuan itu kedua pihak membahas dan berdiskusi tentang lingkungan dan keberadaan Taman Kehati sebagai hutan kota dan wadah edukasi lingkungan bagi masyarakat.

Usai berdiskusi, Kepala BKIPM disertai Dansektor 21 meninjau tempat pembibitan pohon, area perkemahan, taman bambu dan pembangunan kolam ikan ukuran 20 x 10 M.

Dansektor mengatakan, keberadaan Taman Kehati, tidak hanya menghutankan kota, juga memberikan nilai pendidikan lingkungan flora dan fauna.

"Dengan demikian, kata Dansektor 21, diharapkan Taman Kehati juga dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kota Cimahi". Sementara itu, Kepala BKIPM Bandung, Dedy Arief Hendriyanto mengapresiasi dan terima kasihnya atas silaturahim yang terjalin dengan Sektor 21 Satgas Citarum Harum.

"Ternyata, kata Dedy, lahan Taman Kehati sangat potensial jika dikembangkan menjadi obyek wisata edukasi dan konservasi". Dikatakannya, konsepnya akan segera disusun bersama. Saat ini BKIPM sedang mengampanyekan ikan-ikan predator dan invasif yang dilarang masuk ke Indonesia.

"Kelak kami berharap kerjasama dengan pengelola Taman Kehati tidak terbatas pada edhkasi masyarakat terkait pemahaman terhadap ikan, juga melibatkan komunitas dalam memanfaatkan hasil budidaya ikan," ujar Dedy Arief.

Bahkan di Taman Kehati bisa diadakan cooking class untuk ibu-ibu Persit dan nantinya BKIPM, katanya, akan membantu mengajarkan cara membuat filet ikan yang baik dan cara memasak ikan yang benar.**