Selasa, 11 Agustus 2020 | 22:23 WIB

Dansektor 21 Apresiasi Karang Taruna Niat Kelola Sampah Buangan Warga

foto

Ken Zanindha

Dani Cahyadi

BANDUNG, indoartnews.com ~ ~Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat sangat mengapresiasi niat Dani Cahyadi anggota Karang Taruna sekaligus perwakilan pelajar untuk mengelola sampah buangan warga Kampung Jati Desa Nanjung. 

Dani sebagai anggota Karang Taruna menyampaikan niatnya itu di hadapan ratusan warga dan pelajar saat Sektor 21 sosialisasi program Citarum Harum di Subsektor 10 Desa Nanjung di lapangan futsal Jl. H. Aen Suhendra Kampung Jati Desa Nanjung Kec. Margaasih, Kab. Bandung, Rabu (8/7-2020).

Dalam tanya jawab itu, Dani sebagai anggota Karang Taruna RW 02 Kampung Jati mengemukakan niat Karang Taruna untuk mengelola sampah yang setiap hari di buang warga. Karena warga bingung cara mengolah sampah dan rasa malas.

"Jadi kami dari Karang Taruna ingin mengolah sampah buangan warga agar Desanya terbebas dari sampah dengan cara memungut sampah dari setiap rumah dan dikelola oleh Karang Taruna dan setiap bulan setiap rumah membayar Rp. 5.000 per KK. Sementara yang sudah terkumpul itu dibuang ke tempat-tempat pembuangan sampah yang sudah disediakan oleh Desa," ujar Dani seraya menambahkan hal ini baru rencana dengan harapan Januari atau Februari 2021 dilaksanakan. Saat ini, kata Dani, sedang dipersiapkan karena personal untuk pemungutannya melibatkan pemulung sampah belum ada. Sebab, jika mengandalkan tenaga Karang Taruna masing masing memiliki kesibukan sebagai pelajar dan bekerja. "Jadi kami akan mencari warga pemulung sampah. Saya optimis banyak yang mau," jelasnya.

Pada saat ini, katanya, banyak penganggur akibat pandemi Chovid 19. "Untuk saya, katanya, mohon pendapat bapak Dansektor pandangannya terhadap Karang Taruna yang mengelola sampah," ujar Dani pula.

Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat menyatakan, itu ide yang bagus jika Karang Taruna siap mengelola sampah dan rencana itu akan dilanjutkan kepada Pemerintah Provinsi.**