Selasa, 26 Mei 2020 | 03:14 WIB

PT. Wistex Terbakar Akibat Arus Pendek Kabel Listrik Yang Sudah Tua

foto

Ken Zanindha

KAB. BANDUNG, indoartnews.com ~ Masyarakat gempar terbakarnya pabrik pemintalan PT. Wistex di jalan raya Rancaekek, pada Jum'at (27/3-2020) pukul 17.47. Saat pemadaman, tampak 20 mobil pemadam kebakaran siap memadamkan kebakaran itu.

Satgas Subsektor 01 Rancaekek Serka Mulyana yang melaporkan kejadian kebakaran itu kepada Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat, menjelaskan, kebakaran itu bermula dari pecahnya pipa blower dan terjadinya letupan arus pendek.

Menurut Serka Mulyana, ke-20 mobil pemadam kebakaran itu bantuan dari Kab. Bandung, Cileunyi, Cicalengka, PT. Polipin, Majalaya, PT. Kahatex dan dari Sumedang.

Kebakaran di PT. Wistex itu, dengan pemiliknya Wiliam di Cimahi, menurut Dansubsektor 01, diawali dari blower, penyedot debu yang diduga terjadi arus pendek.

Ia menyebutkan, saksi mata Ujang (34) anggota Satpam perusahaan menjelaskan, kebakaran diawali dengan bunyi ledakan dan percikan api yang mengenai karung berisi kapas dan kain hingga memudahkan kebakaran yang menghanguskan isi pabrik.

Namun berkat kesigapan para petugas pemadam kebakaran dan petugas di tingkat kecamatan api dapat dipadamkan sekitar pukul 20.40 Wib.

Para pejabat tingkat Kecamatan yang juga memberi komando dari Koramil dan Polsek Rancaekek, Satgas Citarum Harum Subsektor 01 serta Brimob dengan kekhawatiran lokasi kebakaran dekat Pom bensin Al Ma'soem.

Mereka menerima keterangan dari karyawan bahwa kebakaran terjadi murni akibat kelalaian pengusaha. Karena karyawan sudah sering melaporkan kabel listrik yang sudah tua/usang dengan tegangan tinggi.

Pabrik tersebut, bergerak dalam usaha pemintalan hingga barang-barang yang mudah terbakar. **