Selasa, 26 Mei 2020 | 03:21 WIB

IPAL PT. Tangga Mas Chemical Selalu Mengikuti Arahan Satgas Sektor 21-10 Citarum Harum

foto

Ken Zanindha

BANDUNG, indoartnews.com ~ Satgas Citarum Harum Sektor 21 dengan Komandannya Kol. Inf. Yusep Sudrajat yang membawahi Subsektor 10 Margaasih rutin mengecek kondisi IPAL pabrik-pabrik, guna mengantisipasi jangan sampai ada pabrik membuang limbah kotor ke sungai.

Demikian pula pada Selasa (24/3-2020) Satgas Subsektor 10 Margaasih mengecek kondisi IPAL PT. Tangga Mas Chemical di jalan terusan Nanjung, yang menurut Dansubsektor 10, kondisi IPALnya baik.

Kondisi IPAL yang baik juga diperkuat oleh Jack mewakili perusahaan dengan menyebutkan, IPAL perusahaannya dibuat tahun 2015 dan setahun lahirnya Citarum Harum dibuatlah outlet yang di dalamnya hidup ikan sebagai bukti IPALnya mengolah limbah dengan baik. 

Menurut Jack dengan hidupnya ikan di outlet itu, menandakan pengolahan limbah menjadi air bersih, IPAL berjalan dengan baik. Ini karena pihaknya selalu mengikuti saran dan pengarahan dari Satgas.

"Oleh karena itu, kami berterima kasih kepada Satgas Citarum Harum yang selalu memberi masukan dan pengarahan kepada kami ini," ujar Jack. 

Ia menjelaskan, pabriknya memiliki kapasitas pengolahan limbah cair 8.000 liter per hari. Namun hingga saat ini pabriknya mengolah limbah cair antara 1.000 sampai 2.000 liter per hari.

Perusahaannya saat ini, kata Jack mengakhiri keterangannya,, memroduksi obat celup dengan aneka warna sesuai permintaan pasar dengan metoda biologi, kimia dan fisika.

Dansubsektor 10 Margaasih Serka Bangbang Hermawan mengatakan, di wilayah Subsektor 10 Margaasih, hanya ada 5 pabrik saja. Ia pun sering berpatroli ke tiap pabrik untuk mengecek bagian ipal agar terpantau terus ketika pabrik mengeluarkan air limbahnya.

”Ceking ini kami lakukan biasanya setelah patroli sungai di wilayah tugas kami yaitu Margaasih.**