Minggu, 29 Maret 2020 | 01:39 WIB

Pendidikan Sarmil Menwa Mahawarman Ditutup Pangdam III Siliwangi

foto

Administrator

BANDUNG, indoartnews.com ~ Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.I.P., M.M., Q.I.A. menutup pendidikan dan latihan dasar kemiliteran Resimen Mahasiswa (Diklatsarmil Menwa) Mahawarman gelombang II Ta. 2019/2020 bertempat di Lapangan Kujang Rindam III/Siliwangi Jalan Manado Bandung, Jum’at (14-2- 2020).

Upacara Penutupan Diklatsarmil Menwa ini adalah sebagai bukti bahwa Menwa telah berhasil dalam menjalani pendidikan dan latihan dasar kemiliteran yang dilaksanakan selama kurang lebih 2 Minggu dari mulai 30 Januari 2020 sampai dengan hari ini tanggal 14 Februari 2020.

Diklatsarmil Menwa diikuti 180 orang Mahasiswa yang berasal dari 33 Perguruan Tinggi di Jawa Barat, 2 Perguruan Tinggi di Jakarta dan 1 Perguruan Tinggi di Boyolali Jawa Tengah telah berhasil menyelesaikan rangkaian Diksarmil yang dilaksanakan di Dodik Secata Rindam III/Slw Pangalengan Jabar.

Dengan dilaksanakannya Diklatsarmil Menwa ini diharapkan para Mahasiswa yang tergabung dalam Menwa Mahawarman mampu memantapkan pemahamannya akan bela Negara, mampu menanamkan rasa cinta tanah air, menanamkan disiplin dan mampu mengaplikasikan dasar-dasar kemampuan olah keprajuritan.

Pangdam mengatakan Diklatsarmil Menwa yang telah diikuti merupakan dasar dari implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam sikap, keterampilan, kedisiplinan serta kepemimpinan generasi muda yang akan menjadi generasi penerus bangsa yang mampu melaksanakan tugas dan fungsi Menwa dengan 'Panca Dharma Satya Resimen Mahasiswa' serta meningkatnya kesadaran sikap bela Negara dan rasa cinta tanah air sebagai modal dalam melanjutkan pembangunan di masa yang akan datang.

Menurutnya, kesadaran bela Negara dan wawasan kebangsaan menjadi satu faktor yang sangat penting untuk dimantapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sekarang ini, mengingat fenomena perubahan lingkungan strategis akibat arus globalisasi telah berdampak luas terhadap berbagai aspek kehidupan, baik yang berdimensi positif maupun negative.

“Tunjukan bahwa anggota Menwa mempunyai nilai lebih, khususnya dalam kedisiplinan dan sikap, jadikan kelebihan itu sebagai modal untuk berbuat lebih baik,” Ucap Pangdam Siliwangi. 

Ia juga mengajak para Menwa untuk bersama-sama membangun negeri sesuai dengan tugas, peran dan kemampuanya masing-masing.

Dipenghujung acara, peserta Diklatsarmil menunjukkan kebolehannya dengan menampilkan demonstrasi bongkar pasang senapan dan pistol. 

Hadir dalam upacara tersebut Danrindam III/Slw Kolonel Inf Indarto Kusno Hadi, S.I.P., S.H., M.M., Irdam III/Siliwangi, para Asisten Kasdam III/Siliwangi, para Kabalkdam III/Siliwangi, Danmenwa Mahawarman Jabar Bpk. Wawan Setiawan, S.H. serta perwakilan dari Perguruan Tinggi.**