Minggu, 29 Maret 2020 | 00:41 WIB

Sektor 21 Bersama MAN & SMPN Ngamprah Tanam Bibit Pohon Kopi Di Cimahi Utara

foto

Ken Zanindha

CIMAHI, indoartnews.com ~ Dansektor 21 Citarum Harum Kol Inf Yusep Sudrajat bersama 35 siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri dan SMP Negeri 2 Ngamprah Cimahi melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon kopi di Subsektor pembibitan Cipageran Asri, Cimenteng Cimahi Utara, Sabtu (1/2/2020).

35 siswa siswa ini merupakan anggota pramuka yang sedang melaksanakan kegiatan perkemahan Jumat, Sabtu dan Minggu (Perjusami) di area wilayah pembibitan dibimbing Pembina dari masing masing sekolahnya.

Kol Yusep Sudrajat mengatakan, area hutan ini merupakan lahan milik Pemerintah Kota Cimahi untuk dikelola oleh Sektor 21 untuk dijadikan lahan pembibitan. Selain itu juga untuk penghijauan guna mencegah terjadinya longsor di kemudian hari.

Kol Yusep mengemukakan, kegiatan penanaman ini dimaksudkan untuk memberikan pemanfaatan kepada warga masyarakat. ”Ini merupakan contoh kepada warga masyarakat dan para orang tua dengan dimulai dari adik-adik kecil ini kita ajak untuk menanam pohon di sini. Kita jaga alam, alam akan jaga kita”, ujarnya.

”Adik-adik Pramuka kita ini sedang kegiatan camping di wilayah Sektor 21. jumlahnya sekitar 35 orang. Satu orang bisa nanam 2 sampai 3 Batang tadi. Saya lihat mereka sangat antusias sekali. Ini kita manfaatkan, kita berikan contoh-contoh yang baik pada masyarakat“, papar Dansektor 21. 

Menurut Kol Yusep Sudrajat, area hutan ini merupakan milik Pemerintah Kota Cimahi untuk dikelola oleh Sektor 21 dijadikan lahan pembibitan. Selain itu juga akan dihijaukan dengan tanaman keras guna mencegah terjadinya longsor di kemudian hari karena saat ini yang ditumbuh 80 hingga 90 persen merupakan tanaman palawija.

Di Subsektor pembibitan saat ini tengah mengejar target penyelesaian pembangunan sarana dan prasarana posko baru satgas Citarum Harum Sektor 2. Kini sudah tahap pembangunan untuk sarana barak prajurit, kamar mandi dan mushala.**