Jumat, 28 Februari 2020 | 11:58 WIB

Sektor 21 Bangun Lahan Pembibitan & Perkuat Pengurangan Plastik Di Sekolah

foto

Elly Susanto

CIMAHI, indoartnews.com ~ Dansektor 21 Kol. Yusep Sudrajat bersama Wakil Walikota Cimahi Ngatiyana dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi M. Ronny kembali meninjau lahan untuk pembibitan di Desa Cimenteng, hari Jum'at (24/1-2020).

Dansektor 21 Kolonel Yusep menyatakan, walau Kota Cimahi sudah overload, namun masih bisa "menyisihkan" lahan seluas 5 Ha untuk kepentingan pembibitan yang sekarang masih ditanami palawija.

"Untuk itu, ucap Dansektor 21, dengan diserahkannya lahan 5 Ha itu Sektor 21 memiliki kesempatan menata lahan itu untuk pembibitan sehingga menjadi Subsektor Pembibitan."

Karena itu, Dansektor 21 menyatakan terima kasih kepada Pemerintah Kota Cimahi atas penyerahan lahan seluas itu untuk dikelola sebagai lahan pembibitan untuk ditanami bibit pohon terutama pohon keras dan ekonomis seperti kopi. 

Untuk itu, di lahan ini perlu dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas untuk prajurit pengelola berupa barak, mushala, kamar mandi dan WC. "Kami pun berterima kasih kepada Pemerintah Kota Cimahi yang ternyata untuk fasilitas-fasilitas itu juga siap membantunya," tegasnya.

Menyinggung tentang memperkuat untuk pengurangan penggunaan plastik, Dansektor menyatakan, kembali akan menyosislisasikannya kepada para Kepala Sekolah negeri dan swasta di kota ini.

"Bayangkan, katanya, dari 180 Kepala Sekolah dengan jumlah siswa ribuan anak akan tersingkiran ribuan ton plastik setiap hari kemudian lingkungan menjadi bersih dan terhindar pula dari banjir."

Kepada para Kepala Sekolah itu, diharapkan juga para guru dan para siswa membawa perlengkapan minum dan makan berupa tumbler dan misting untuk wadah jajanan di sekolah.

"Bisa dibayangkan jika seorang siswa biasa jajan berupa minuman dan makanan di plastik dengan program bawa alat sendiri dari rumah bisa ribuan ton plastik yang tersingkirkan.**