Jumat, 28 Februari 2020 | 13:20 WIB

2 Pabrik di Cimahi Sempat Kaget Atas Inspeksi Mendadak Dansektor 21

foto

Ken Zanindha

CIMAHI, indoartnews.com ~ Dansektor 21 bersama tim mengecek 2 pabrik di Kota Cimahi masing-masing PT. Ichitek di jalan Cibaligo dan PT. Sinar Continental di jalan Industri II perihal keberadaan IPALnya.

Dari hasil sidak ceking air IPAL ke-2 pabrik itu Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat menyatakan rasa gembiran dan mengapresiasi kinerja manajemen ke-2 pabrik yang konsisten menjaga kualitas air IPAL.

Padahal, Satgas Citarum Harum 8 bulan lalu juga mengecek kondisi air IPAL ke-2 pabrik itu masih tetap bening hingga kini ikan Koi bisa tetap hidup di kolam IPAL dan bahkan beranak pinak.

Dansektor 21 tetap berharap kepada 63 pabrik yang ada di Kota Cimahi dapat tetap konsisten memelihara air IPALnya tetap jernih dan bening. Dengan begitu, air ini dapat digunakan lagi hasil recycle sehingga tidak membuat kondisi sungai tercemar dan air tanah tidak banyak terganggu.

Ia memberi gambaran, di PT Sinar Continental dalam seminggu Senin-Kamis menggunakan air recycle dan Sabtu-Minggu baru dibuang ke sungai. Itu artinya, ke-2 pabrik mendaur ulang air hasil recycle. Berarti pula, ucap Dansektor, menghemat air dan sangat bermanfaat.

Sedangkan manajemen PT. Sinar Continental yang diwakili oleh Manager pabrik, Andrew menyatakan terima kasih atas segala saran dan pendapat Dansektor 21 dalam perjalanan waktu membimbing manajemen pabrik.

Dengan bimbingan dan pendapat dari Dansektor 21 telah membangkitkan niat manajemen merecycle air IPAL sehingga terjadi efisiensi penggunaan air tanah dan lingkungan sekitar pabrik juga aman.

Karena itu, kata Andrew, manajemen sempat kaget atas inspeksi mendadak (sidak) Dansektor 21 dan tim dengan pertanyaan dalam hati ada apa lagi Satgas ke pabrik lagi. Ternyata sidak ini untuk mengecek kondisi air IPAL di setiap pabrik dan ternyata di pabrik ini, manajemen tetap konsisten mengelola IPALnya.**