Jumat, 28 Februari 2020 | 11:50 WIB

Sektor 21 dan DLH Kota Cimahi Siapkan Lahan Pembibitan Pohon

foto

Ken Zanindha

CIMAHI, indoartnews.com ~ Sektor 21 bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Jum'at lalu (17/1-2020) meninjau lahan untuk pembibitan pohon di wilayah Sektor 21, Kota Cimahi dan kawasan Bandung Utara Kota Bandung.

Penyiapan lahan untuk pembibitan pohon ini, menurut Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat, S.Ip. MSi sudah mulai dilaksanakan Sektor 21 Satgas Citarum Harum bersama masyarakat di Kertasari.

Kolonel.Yusep berharap hasil upaya pembibitan di Kertasari akan dijadikan bibit untuk ditanam di lahan yang disediakan Pemerintah Kota Cimahi di Taman Kehati Cipageran seluas 5 ha yang masuk wilayah Kawasan Bandung Utara (KBU).

Jenis bibit yang akan ditanam pada lahan yang telah disediakan adalah jenis bibit tanaman pohon keras dan pohon khas yang sudah dilupakan orang. Lahan pembibitan juga, kata Dansektor 21, berada di kp. Cimenteng Cipageran Kec. Cimahi Utara ini sangat memadai untuk pembibitan, bangunan dan fasilitas lain sudah ada.

"Kini, kata Dansektor, lahan dan sekitar yang perlu membenahinya sehingga disini berdiri Sektor 21 Subsektor Pembibitan tapi juga diharapkan jangan dilakukan lagi ada pembangunan rumah-rumah."

Dengan demikian, , bibit pohon penghijauan untuk Subsektor lainnya diperoleh dari Subsektor Pembibitan ini, katanya seraya menunjuk lahan untuk pembibitan yang akan disiapkan. Diharapkan pula, kampung Cimenteng dan sekitarnya termasuk KBU yang sudah gundul akan menjadi resapan air bagi Kota Bandung dan Kota Cimahi hingga kedua kota ini menjadi contoh penghijauan, tutur Dansektor 21.

Sementara Kepala DLH Kota Cimahi, M. Ronny mengemukakan, lahan hutan kota Taman Kehati sudah dikelola oleh Pemkot Cimahi sekitar 7 tahun yang dibebaskan dari masyarakat yang kemudian dibagi dalam 5 zona yang memiliki fungsi berbeda termasuk pembibitan.

Karena itu, ia menyatakan terima kasih kepada Dansektor 21 atas kerjasamanya sehingga kawasan ini jadi lebih baik. Menurut M. Ronny, di wilayah kerjanya sudah ada 3 ruas tempat pembibitan. Namun jika akan ditambah, pihaknya akan menyiapkan lahannya di tempat lain tapi masih sekitar sini.**