Jumat, 28 Februari 2020 | 13:04 WIB

Sehari Bersama Dansektor 21 Citarum Harum Kol Inf Yusep Sudrajat

foto

Ken Zanindha

BANDUNG, indoartnews.com ~ Satgas Citarum Sektor 21 menggelar acara ‘Sehari Bersama Dansektor 21’, yang dipusatkan di Rusunawa Cibeureum, Cimahi selatan, Kota Cimahi, Selasa pagi (14/1). 

‘Sehari Bersama Dansektor21’ dihadiri oleh perangkat Pemerintahan Kota Cimahi, yang diwakili Kadis LH Cimahi, Camat Cimahi selatan, perangkat wilayah, serta puluhan perwakilan perusahaan.

Kegiatan ini digelar sebagai refleksi perjalanan selama dua tahun atas upaya dan rencana aksi yang telah dilaksanakan Satgas Citarum Harum, khususnya di Sektor 21.

“Kami Satgas Citarum Harum Sektor 21 mengapresiasi atas komitmen dan konsistensi semua pihak yang terkait dan mendukung pelaksanaan program Citarum harum untuk menciptakan lingkungan yang lestari demi kehidupan anak cucu generasi mendatang,” ujar Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat.

Yusep juga menegaskan bahwa kedepan pihaknya akan terus melakukan pengawasan lingkungan dari berbagai pencemaran daerah aliran sungai. Untuk itu, selain dukungan dari instansi terkait, para pelaku usaha, akademisi, serta komunitas lingkungan. Kehadiran dan konsistensi media juga sangat diperlukan, agar program ini dapat terus dikawal dan di publikasikan, untuk menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran lingkungan di tengah masyarakat.

Pada kegiatan ini, Satgas Sektor 21 dan rombongan media mengunjungi PT Alenatex, PT Pangjaya Mulia, PT Trisulatex, PT CGN dan PT Kamarga untuk menyaksikan dan mengecek progres pembangunan IPAL dan hasil limbah pada masing-masing industri yang dikunjungi.

Keempat perusahaan tersebut mewakili industri yang ada di Kota Cimahi yang rata-rata telah melaksanakan pengelolaan ipalnya dengan baik.

 PT Trisula di oulet akhir air limbahnya bening dan ikan Koi hidup.

Kadis LH Cimahi M. Ronny menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas upaya Satgas Sektor 21. Menurutnya, progres program citarum itu ada, bisa dinilai dari mutu air sungai.

“Sebelum Satgas masuk ke Cimahi, sungai Cibaligo berwarna-warni, tapi kita lihat saat ini, kondisi dan mutu sunfai sudah lebih baik,” katanya.

Pada puncak acara, Dansektor 21 memberikan penghargaan dan apresiasi secara simbolik kepada pihak yang telah membantu dan mengawal kinerja Satgas Citarum, khususnya Satgas Sektor 21. 

Penerima penghargaan diantaranya, Kadis LH Cimahi mewakili pemda Cimahi, Mulyono mewakili pihak perusahaan, Tuti Hestiantina selaku Camat Cimahi selatan, dan Edison perwakilan Jurnalis Peduli Citarum Harum. 

Sebelumnya, acara dibuka dengan beberapa sambutan dari pihak-pihak terkait. Sambutan dari jurnalis peliput Citarum Harum diwakili Stanley Teguh media Sorot Indonesia. **