Jumat, 28 Februari 2020 | 13:25 WIB

2 Tahun Program Sektor 21 Citarum Harum Alami Banyak Peningkatan

foto

Ken Zanindha

CIMAHI, indoartnews.com ~ Berbagai pihak baik dari Pemerintah, organisasi, komunitas dan awak media mengapresiasi atas progres program Citarum Harum yang kini telah menapaki usia 2 tahun.

Selama perjalanan 2 tahun itu menurut Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat saat menyampaikan perjalanan program Citarum Harum dalam judul ”Sehari Bersama Dansektor 2”, Selasa (14/1-2020) di Rusunawa Cibeureum Cimahi Selatan tetap berkomitmen dan konsisten menciptakan lingkungan lestari demi masa depan anak-cucu.

Untuk itu, kata Dansektor 21 yang membawahi 18 Subsektor di Kota Cimahi, Kab. Bandung dan Kab. Sumedang, Satgas Sektor 21 tetap mengawasi lingkungan dari pencemaran di daerah aliran sungai.

Ia menyatakan terima kasih atas dukungan semua pihak termasuk awak media. Dengan diberitakannya di media, masyarakat akan mengenal upaya-upaya yang dilaksanakan dalam program Citarum Harum.

Dengan begitu, katanya, diharapkan tumbuh kesadaran masyarakat untuk memelihara dan menjaga lingkungan yang bersih dengan cara tidak membuang sampah atau limbah sembarang.

Ini pun, Kolonel Yusep, merupakan refleksi sejauhmana keterbukaan Sektor 21 dalam melaksanakan dan menyukseskan program Citarum Harum. Untuk itu pula, acara kali ini juga mengadakan inspeksi ke beberapa pabrik untuk kembali meninjau komitmennya dalam pengolahan air limbah melalui IPAL nya.

Sebab di antara pabrik itu ada yang pernah 2 kali dan sekali saja dicor lubang pembuang limbahnya. Demikian pula kepada warga masyarakat selalu ada pendekatan dan pemahaman secara persuasif.

Dengan cara itu, katanya, mereka yang bertempat tinggal di bantaran sungai Citepus dengan kesadarannya membongkar sebagian bangunan rumahnya juga mendukung program Citarum Harum merealisasikan pembuatan jalan inspeksi sungai Citepus.

Dalam inspeksi ke Subsektor 06 Citepus di Kp. Sekeandur Desa Cangkuang Wetan Kec. Dayeuhkolot, Dansektor 21 dusertai pejabat Balai Besar Wilayah Sungai, R. Yayat Yuliana selaku Pejabat Pembuat Komitmen Operasi DAS Pemeliharaan I SDA Citarum. Turut mendampinginya pula Lurah Pasawahan, Memet Selamet dan Kades Cangkuang Asep Kusmiadi. 

Di wilayah Subsektor 06 Citepus ini, Dansektor 21 dan para pejabat meninjau progres rencana pembuatan jalan inspeksi sungai Citepus yang menghubungkan RW 08 Kp. Sekeandur dengan RW 07 Kp. Bojongseureuh Desa Cangkuang Wetan. Dansektor 21 mengharapkan akses jalan.**