Minggu, 26 Januari 2020 | 00:35 WIB

Syukuran Peringatan 69 Tahun Dispenad; Satgas Citarum Harum Hindari Longsor dengan Penghijauan

foto

BANDUNG, indoartnews.com ~ Kepala Penerangan Kodam III/Slw Kol. Inf. FX Sri Welliyanto Kasih menjelaskan, Senin ini (13/1-2020), Dinas Penerangan TNI AD (Dispenad) berusia 69 tahun dan Pendam III/Slw memperingatinya secara sederhana sesuai arahan Dispenad.

Menurut Kapendam III/Slw, sebelum HUT ini, jajaran Dinas Penerangan TNI AD di Jawa Barat mengadakan ziarah ke TMP Cikutra dengan tabur bunga dan do'a bersama.

Di hadapan para kuli tinta dari media elektronik, media cetak dan media online yang menghadiri HUT ke 69 Penerangan TNI AD di Pendam III/Slw Jl. Sulawesi Bandung, Ka Pendam III/Slw menjelaskan pula tentang program Citarum Harum.

"Saat ini, kata Kolonel FX Sri Welliyanto Kasih, program Citarum Harum memasuki tahun ke-2. Berbeda dengan tahun pertama. Namun, hingga saat ini publikasinya masih kurang."

Ia mengatakan, titik berat tugas Sektor di tahun ke-2 ini pada pencegahan erosi dan longsor karena kondisi alamnya sudah tampak lengang dari pepohonan hingga perlunya menghijaukan lingkungan alam.

Hingga Presiden pada 5 Januari 2020 dalam pertemuan dengan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) Letjen TNI Doni Monardo, menunjuk terjadinya bencana alam di Bogor.

Kepada Kepala BPBN, Presiden mengajukan saran agar aktivitasnya saat ini sementara dialihkan kepada penghijauan dengan menanam tanaman vertiver.

Menurut Presiden, vertiver baik untuk menahan erosi dan longsor hingga perlu dilaksanakan dalam program Citarum Harum dengan menanamnya di bantaran sungai Citarum.

Sementara itu perwakilan wartawan yang menghadiri syukuran ini yang diwakili H. Husein Pimpinan Redaksi Fakta Jabar mengharapan jajaran Penerangan di TNI AD memanfaatkan media untuk menyampaikan program tugasnya.

Ia menyatakan, hingga saat ini jajaran Penerangan TNI AD terasa masih kurang memanfaatkan awak media dalam publikasi dan sosialisasi pelaksanaan tugasnya.**