Jumat, 29 Mei 2020 | 15:07 WIB

DLH Kab. Bandung Buka Segel Tumpukan Sludge PT. Hakatex

foto

BANDUNG, indoartnews.com ~ Setelah dijatuhi sanksi administrasi paksaan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bandung beberapa hari lalu, Jum'at kemarin (10/1-2020), DLH Kab. Bandung disaksikan para pejabat dan Satgas Sektor 21 membuka kembali segel tumpukan sludge PT. Kahatex di Jl. Raya Moch. Toha Kel. Pasawaha Kec. Dayeuhkolot Kab. Bandung.

Menurut DLH Kab. Bandung dibukanya segel itu, karena manajemen perusahaan itu telah berhasil membersihkan sludge sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh DLH. Sludgenya berupa bahan berbahaya B3 hingga mencapai 400 ton.

Mengenai masalah keterlambatan mengangkat sludge itu, manajemen PT. Hakatex akibat terlambatnya pihak ke tiga dalam pengangkutannya. "Sekarang, kata manajemen PT. Kahatex, kami yakin mulai Jum'at ini dalam 3 hari ke depan akan segera selesai."

Sementara itu, Pasiops Satgas Citarum Harum Sektor 21, Letda Inf. Saniyo yang menyaksikan dibukanya segel sludge perusahaan itu, menyatakan, pihaknya akan terus memantau semua perusahaan yang ada di wilayahnya.

Pemantauan itu, katanya, tetap akan dilakukan supaya program Citarum Harum tercapai dengan baik sehingga Citarum terbebas dari limbah pabrik dan kembali jernih.**