Jumat, 28 Februari 2020 | 11:41 WIB

Hindari Pendangkalan Satgas Solokanjeruk Keruk Sedimentasi Sungai Citarik

foto

Administrator

BANDUNG, indoartnews.com ~ Sedimentasi yang melanda setiap sungai di wilayah Sektor 21 selalu menjadi perhatian Satgas Citarum Harum perlu diatasi agar tidak terjadinya peningkatan kekeruhan dan perubahan kedalaman.

Seperti yang dilaksanakan Satgas Subsektor 17 Solokanjeruk Senin (30/12) terhadap sedimentasi di sungai Citarik Kp. Lembang Bengkok Desa Padamukti Kec. Solokanjeruk kemudian dilaporkan kepada Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat.

Menurut Satgas Solokanjeruk, Serma Agus Sumarna, Satgas dalam pengerukan sedimen/lumpur tanah di sungai itu dalam area panjang 3 meter Lebar 2,6 meter dan tinggi 1,8 meter, sedimennya diangkat ke bantaran.

Selesai pengerukan sedimen, Satgas berpatroli di sepanjang tepian sungai Citarik. Namun, Satgas tidak menemukan sampah dan limbah di sungai. Kondisi air sungai bersih dan alirannya lancar dan tidak ada yang membuang sampah sembarangan.

Namun demikian, Satgas pun tetap melaksanakan komunikasi sosial kepada masyarakat melalui para tokohnya di Kp. Padamukti, Solokanjeruk, Rancaekek dan Kp. Cibodas, seperti kepada Abdul di Rt 09 RW 03, Momon di RT 03 RW 07, Ny. Endang di RT 04 RW 02, Junaidi di RT 05 RW 07 dan Ny. Nur di Kp. Cibodas.**