Sabtu, 7 Desember 2019 | 02:07 WIB

Lingkungan Bersih Desa Lagadar Cerminan Budaya Hidup Bersih Warga

foto

Ken Zanindha

KAB. BANDUNG, indoartnews.com ~Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Subsektor 11 Sektor 21 pimpinan Dansektor Kol. Inf. Yusep Sudrajat, melaksanakan pembersihan bantaran anak sungai Cimahi di RT 03 RW 07 Desa Lagadar Kabupaten Bandung, Kamis (14/11/2019).

Satgas Subsektor 11 Lagadar, Peltu Ayi Suryana mengatakan, ”hari ini dari bersih-bersih sungai, kami dapat mengangkat 95 Kg sampah dengan menyelusuri sungai sepanjang 80 meter. Selanjutnya sampah dikeringkan lalu dibakar”.

Satgas pun melaksanakan patroli sungai untuk memastikan aliran sungai bersih dari sampah dan didapati air sungai bersih dan jernih juga tidak tercemar limbah industri.

”Menjaga sungai itu penting, sebab sungai juga bagian dari cermin budaya hidup bersih warga. Karena itu, Satgas kerapkali melaksanakan patroli”, tandas Peltu Ayi.

Kegiatan dilanjut dengan sosialisasi kepada warga di Kampung Jalan cagak RT 02 RW 04 Desa Lagadar. Satgas mengimbau, masyarakat tidak membuang sampah sembarang ke sungai. Selain bisa berdampak terhadap potensi banjir yang saat ini musim penghujan sudah tiba, juga mencemari ekosistem sungai itu sendiri.

"Kami imbau masyakarat tidak membuang sampah ke sungai. Mari kita budayakan hidup bersih. Bersih di lingkungan kita sendiri, juga di sekitar sungai di mana kita tinggal”, pungkas Petlu Ayi.**