Sabtu, 7 Desember 2019 | 02:12 WIB

KKN Mahasiswa Politeknik TEDC dan Sektor 21 Tanam 1500 Pohon di Desa Lagadar

foto

Ken Zanindha

LAGADAR, indoartnews.com ~ Perhatian mahasiswa, khususnya mahasiswa Politeknik TEDC di Jalan Pasantren Cimahi terhadap lingkungan alam di Desa Lagadar Kota Cimahi demikian besar. Mereka KKN di Desa ini dengan menanam 1500 benih pohon disertai Satgas Sektor 21.

Karya bakti mahasiswa KKN Politeknik TEDC hari Rabu (13/11) dengan menanam benih pohon ini dihadiri pula Dansektor 21 Kol. Inf. Yusep Sudrajat bersama Rektor Politeknik TEDC, Drs. Sueb, MSi MPd.

Kol. Inf. Yusep menyatakan lahan di desa/gunung Lagadar terlihat sudah kritis. Lahan kosong yang tersisa hanya tinggal 8,9 %. Lahan yang kosong. Selebihnya hutan gundul. Tidak ada lagi serapan air dan tidak ada lagi pohon penahan air sehingga jika musim hujan daerah ini sering terlanda banjir.

"Lahan kritis di hulu Citarum atau Gunung Wayang saat ini memerlukan 25 juta pohon. Karena selama ini warga masyarakat hanya menanam tumbuhan musiman sedang di atasnya tidak ada penahan air sehingga jika musim hujan, Citarum sering banjir," tegas Dansektor 21.

Ia berharap agar masyarakat tetap menjaga lingkungan alam Lagadar ini. Apalagi di atasnya ada situs Sumur Bandung sedang di kiri-kanannya ada pengrusakan lingkungan, galian C. "Kami berharap usaha Galian C ini dihentikan. Karena Allah menciptakan alam dengan keseimbangan dan gunung merupakan pakunya alam," ucapnya mengingatkan.

Seirama dengan Dansektor 21, Rektor Politeknik TEDC, Drs. Sueb MSi, MPd mengungkapkan, setahun yang lalu para mahasiswanya menanam 500 benih pohon di desa ini. Sekarang yang ditanam 1500 benih pohon.

KKN mahasiswanya ini mengandung maksud ingin melestarikan alam agar terjadi keseimbangan. Ada resapan air dan penahan air jika musim hujan, berupa tegaknya pohon pelindung.

Selain itu, ucap Rektor Sueb, berharap KKN mahasiswanya dapat menunjang program Citarum Harun dengan dasar Perpres No. 15 tahun 2018 yang sudah berlangsung hampir 2 tahun.

Kepada masyarakat pun, Rektor TEDC, berharap, apa yang dilakukan mahasiswa Politeknik TEDC dapat dipelihara sehingga terjadi keseimbangan alam.

Pada kegiatan penanaman pohon di Desa Lagadar ini dihadiri Camat Margaasih yang diwakili Indris, Kades Lagadar Ujang Saefudin, LPPM UPI Sri subekti, Kapolsek Margaasih diwakili Aiptu Rudi, Danramil 0926/Margahayu diwakili Babinsa Serda Agus, Basi Sektor 21 Citarum Harum, Ormas Pemuda Pancasila, Para Mahasiswa Politeknik TEDC Bandung serta Jajaran Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 11 Lagadar.**