Sabtu, 7 Desember 2019 | 00:42 WIB

Kasdam III Siliwangi Berikan Pengarahan Pada Peserta Latihan Gladi Posko I Korem 062 TN

foto

GARUT, indoartnews.com ~ Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati Utomo, S.I.P, M Tr (Han)., membuka dan memberikan pengarahan kepada peserta latihan Gladi Posko I Korem 062/TN yang diselenggarakan di Makorem 062/TN Jalan Bratayuda No. 65 Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut, Rabu (13/11).

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dalam sambutannya yang dibacakan Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Dwi Jati Utomo mengatakan bahwa ia selaku Pangdam III/Siliwangi dan pribadi memberikan apresiasi atas terselenggaranya Latihan Posko I Korem 062/TN sebagai antisipasi perkembangan keadaan dan perubahan yang cenderung meningkat serta kemungkinan terjadinya bencana alam meletusnya gunung Guntur di wilayah Korem 062/TN.

”Perlu saya sampaikan bahwa setiap anggota Korem 062/TN, baik Komandan maupun Staf diharuskan selalu meningkatkan kemampuan dalam merencanakan suatu operasi", tutur Pangdam.

Terutama, lanjutnya, mencakup keterpaduan, kerja sama dan koordinasi dalam mengambil keputusan baik teknik, olahyudha dan pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki.

"Keterlibatan TNI, khususnya Korem 062/TN menanggulangi bencana alam dikarenakan Korem mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan serta menyelenggarakan pembinaan teritorial untuk menyiapkan wilayah pertahanan di darat dan menjaga keamanan wilayah dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam III/Siliwangi, " imbuh Pangdam.

”Selain itu, UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI, juga mengamanatkan suatu tugas mulia kepada kita yaitu membantu menanggulangi dampak yang diakibatkan oleh bencana alam”.

”Tentunyaesiapan kita itu, "harus selalu dilatihkan sehingga jika suatu saat terjadi bencana alam, Korem 062/TN mampu menggelar operasi bantuan kepada Pemerintah Daerah dalan mengatasi dampak akibat bencana alam tersebut”, ungkap Pangdam.

Hal tersebut sesuai dengan tema "Korem 062/TN Melaksanakan Operasi Membantu Menanggulangi Bencana Alam Meletusnya Gunung Guntur di Wilayah Jawa Barat Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok Kogasgabpad Jabar dan Banten".

Tampak hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, Irdam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, para Kabalakdam III/Slw, Bupati dan Kapolres Garut.**