Sabtu, 7 Desember 2019 | 01:42 WIB

Ida Farida; Aliran Sungai Cikeruh Tidak Lagi Terhalang Sampah

foto

RANCAEKEK - indoartnews.com ~ Kondisi aliran air sungai Cikeruh sudah lancar, tidak terhalang sampah setelah Satgas Citarum Harum membersihkan sungai Citarik di Kp./Desa Bojongloa Kec. Rancaekek.

Sungai Citarik sekarang ini bersih dari sampah-sampah buang, baik sampah organik mau pun sampah unorganik. Kini aliran sungainya juga mengalir lancar.

Ida Farida, salah seorang warga RT 02 RW 01 Kp. Bojongloa saat ditemui indoartnews.com di warungnya, menyatakan terima kasihnya kepada Satgas Citarum Harum yang dengan tekun dan susah payah membersihkan sampah dari sungai, Senin (11/11/2019).

"Saya yang biasa berdagang Warteg di dekat sungai Cikeruh selalu menyaksikan bapak-bapak TNI turun ke sungai untuk membersihkan sampah dan hasilnya sungai jadi bersih dari sampah", ujar Ida.

Ia pun menceritakan awalnya kondisi air sungai kotor. Banyak sampah buangan yang menumpuk di sungai. Karena warga selalu membuang sampah ke sungai sehingga mengakibatkan banjir.

Ida Farida

”Dulu sebelum ada Satgas Citarum, di sini selalu banjir jika ada hujan. Bangunan di sini pada kemasukan air, termasuk rumah saya pun kebanjiran. Alhamdulillah setelah ada Satgas Citarum kita ga lagi kebanjiran”, papar Ida.

Setelah Satgas Sektor 21 Subsektor 02 Cileunyi turun menangani sampah buangan itu kondisi sungai sekarang ini sudah bersih. Aliran arus sungai lancar dengan kondisi airnya yang relatif bersih. 

Menurut Ida Farida, setelah Satgas turun tangan membersihkan sampah dari Cikeuh, masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan, khususnya ke sungai. Masyarakat membuangnya di bak sampah dan jika sudah kering dibakar.

Ia mengemukakan harapannya jika Satgas Citarum tetap berada di desa Bojongloa. "Kami amat terkesan dengan tugas bapak-bapak TNI yang dekat dengan masyarakat dan kondisi lingkungan jadi bersih serta diharapkan bapa-bapa selalu berada di lingkungan kami", harap Ida Farida.**