Minggu, 17 November 2019 | 22:10 WIB

Nadia, Siswa SMAN 1 Dayeuhkolot Harapkan Sosialisasi Citarum Diperbanyak

foto

Ken Zanindha

Nadia Fajar Nabila siswa SMAN 1 Dayeuhkolot

BANDUNG, indoartnews.com ~ Para siswa SMAN 1 Dayeuhkolot Kab. Bandung Kamis kemarin (7/11) mendapat sosialisasi Program Citarum Harum dari Sektor 21 yang dikomandani Kol. Inf. Yusep Sudrajat dan berharap agar sosialisasi semacam ini lebih diperbanyak.

Salah seorang siswa sekolah ini Nadia Fajar Nabila mengapresiasi sosialisasi Program Citarum Harum yang dilaksanakan Satuan Tugas Sektor 21 karena selama ini sungai Citarum airnya merupakan jantung kehidupan khususnya masyarakat Jawa Barat, kini airnya amat kotor.

"Saya menyaksikan sendiri. Sebelum ada Satgas Citarum Harum kondisi air Citarum sangat kotor. Air sungai menjadi terbelah, sebagian coklat warna air sungai sebelahnya berwarna biru muda, kadang merah kadang juga hijau. Sampah pun menghambat aliran airnya, saking banyak sampah yang dibuang ke sungai", tegas Nadia Fajar Nabila.

Ia menyebutkan, ini karena limbah pabrik/industri dan sampah yang dibuang ke sungai membludak. Mereka ini mengambil jalan pintas, membuang limbah dan sampah sembarangan.

Sebab, katanya, pabrik/industri di wilayah ini demikian banyak membuang limbah sembarangan ke sungai dengan mengabaikan akibat kondisi lingkungan buruk dan bau yang bisa menimbulkan berbagai penyakit.

"Saya tinggal di Kampung Bahuan Desa Andir. Saat melewati sungai di Bojongasih, terlihat aneka warna limbah pabrik dan berbau. Setelah turun Satgas Citarum Harum kini kondisi sungai sudah mulai bersih berangsur membaik", ujar Nadia.

Karena itu pula ia tetap berharap agar Satgas Citarum Harum terus mengadakan sosialisasi semacam ini kepada para siswa dan masyarakat. Dengan harapan pula semua elemen menyadari pentingnya mewujudkan Citarum Harum.**