Sabtu, 7 Desember 2019 | 01:16 WIB

Tim Penggerak PKK Jawa Barat Puji 7 Inovasi Desa Margamekar

foto

Elly Susanto

BANDUNG, indoartnews.com ~ Tim Penggerak PKK (Pembinaan Kesejahteran Keluarga) Provinsi Jawa Barat menyatakan rasa bangganya terhadap 7 inovasi yang dilaksanakan PKK Desa Margamekar Kec. Pangalengan Kab. Bandung.

Ini terungkap saat rechecking Tim lomba program PKK Provinsi Jawa Barat memverifikasi ke Desa Margamekar pada Rabu (30/10) dipimpin Sri Yossi Irianto yang diterima Asisten Pemerintahan Pemda Kab. Bandung Rudi Hadiana.

Selain itu juga Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tata Irawan Subandi serta Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Bandung Hj. Kurnia Agustin Dadang M. Naser.

Pernyataan rasa kagum dan bangga ini, kata Ny. Sri Yossi Irianto, karena Tim Penggerak PKK Desa Margamekar telah mengembangkan 7 inovasi dalam kehidupan masyarakat.

Ke 7 inovasi itu, Lingkungan Cantik Asri Hijau Nyaman (Lincah Nya), Sedekah Pohon (Kahhon), Motor Sayuran (Mosay), Satu Rumah 2 Biopori Sajah (Sarupiah), Mendaur Limbah Sampah (Melimpah), Beras Barokah (Berkah) dan Kolong Waluh Aya Cacing (Kowacin).

Menurut Sri Yossi, kebanggan ini juga karena kreativitas dan inovasi warga yang telah memanfaatkan setiap lahan di halaman rumahnya dimanfaatkan dengan menanam tanaman untuk kebutuhan pangan.

Selain itu, saat tim TP PKK Jabar masuk ke Desa ini sejak pintu gapura hingga ke dalam perkampungan terasa udara dan hawanya segar.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Bandung Hj. Kurnia Agustin Dadang M. Naser juga menyata rasa "reu'eus" nya atas kreativitas masyarakat di desa ini, khususnya kepada TP PKK Desa Margamekar.

Ia berharap, Desa-desa di sekitar Pangalengan dapat mengambil suri teladan kepada Desa Margamekar yang telah menggalang 7 inovasi yang besar manfaatnya bagi kehidupan masyarakat desanya.**