Minggu, 17 November 2019 | 22:12 WIB

Buang air Limbah Kotor Ke Sungai, Satgas Sektor 21 Citarum Harum Lokalisir PT Natatex

foto

Administrator

SUMEDANG, indoartnews.com ~ Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 21 kembali menemukan air limbah kotor yang berbahaya. Kali ini dari perusahaan industri PT Natatex di Jl. Raya Rancaekek Km 26,5 Kabupaten Sumedang yang dengan sengaja membuang langsung ke aliran sungai, Minggu dinihari (13/9/2019).

Pada saat itu juga Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat mengutus Pasi Min Log Lettu Saniyo mengecek serta memerintahkan jajarannya untuk menutup lubang saluran air limbah perusahaan tersebut. 

"Tadi malam mulai pukul 22.30 Wib Satgas Subsektor 15 Sumedang melaksanakan patroli malam dan menemukan buangan dari saluran limbah PT. Natatex dalam kondisi hitam pekat, panas, berbau dan berbusa. Tadi pihak pabrik menyatakan bahwa ini merupakan kelalaian pegawainya. Namun, apapun alasannya kami tetap lakukan pengecoran saluran buangan limbah di pabrik ini," pungkas Lettu Saniyo. 

"Proses pengecoran disaksikan manajemen PT Natatex. Kami Satgas Citarum Harum khususnya Sektor 21 akan terus berkomitmen untuk selalu memantau pabrik-pabrik di wilayah Sektor 21 guna mendukung program Citarum Harum yang dicanangkan oleh pemerintah“, jelas Lettu Saniyo.

Satgas Citarum Harum sektor 21 berharap, dengan penutupan saluran limbah ini menjadikan pembelajaran dan motivasi bagi perusahaan tersebut agar mengolah limbahnya dengan baik. 

Andrie Kristianto selaku HRD Umum PT Natatex, mengatakan, pihaknya menerima penutupan saluran air limbah perusahaannya. Ia berjanji untuk segera memperbaikinya. " ini terjadi karena ada kelalaian dari pihak kami. Apabila ada hal yang memang harus dibetulkan, kita berkomitmen untuk segera memperbaiki secepatnya.**