Minggu, 27 Oktober 2024 | 05:24 WIB

Satgas Citarum Harum Sektor 21-02 Gelar Penanaman 500 Pohon di Bantaran Sungai Citarik

foto

SOLOKANJERUK, indoartnews.com ~ Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 02 Solokanjeruk menggelar kegiatan penanaman pohon di bantaran Sungai Citarik, Desa Cibodas, Kecamatan Solokan Jeruk, Kab. Bandung, Senin pagi, 30 September 2024. Sebanyak 500 pohon, termasuk pohon durian, pete, jati putih dan manglid, ditanam sebagai bagian dari upaya penghijauan dan pelestarian lingkungan.

"Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk anggota Satgas Subsektor 02 Solokan Jeruk, dan masyarakat setempat, serta mahasiswa KKN dari STAI yang berperan aktif dalam kegiatan tersebut," paar Dansubsektor 02, Serma Andri Hari Irawan. 

Turut hadir pula Kepala Desa Cibodas, Forum Pecinta Sungai Citarik, Aliansi Desa Solokan Jeruk, Babinsa dan Babinmas Cibodas, Yayasan Bumi Hijau, pelajar SMA Cibodas, serta perwakilan media lokal.

Sambutan dan Arahan dari Para Pimpinan

Dalam kesempatan tersebut, pembimbing mahasiswa KKN STAI, BPD Cibodas, Kepala Desa Cibodas, dan Dansubsektor 02 Solokanjeruk memberikan sambutan yang menggarisbawahi beberapa poin penting.

Implementasi Program Satgas Citarum Harum:

Dansubsektor 02 menekankan pentingnya penerapan program Satgas melalui pendekatan Pentahelix, yang melibatkan pemerintah, masyarakat, akademisi, bisnis, dan media, untuk terus dijalankan demi keberhasilan program kebersihan dan penghijauan Sungai Citarik.

Pencegahan Pembuangan Sampah ke Sungai:

Masyarakat dihimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke sungai. Menurut Perda Kabupaten Bandung Nomor 15 Tahun 2012, pelanggaran ini dapat dikenakan denda sebesar Rp 50 juta dan hukuman kurungan 6 bulan.

Perawatan Pohon yang Ditanam:

Setelah penanaman pohon, masyarakat diingatkan untuk tidak hanya membiarkan pohon-pohon tersebut tumbuh begitu saja. Perawatan yang baik sangat dibutuhkan untuk memastikan kelangsungan hidup pohon, mengingat seringkali pohon yang tidak dirawat kalah dengan rumput liar dan ilalang.

Kegiatan penanaman pohon ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, serta mendukung program Citarum Harum dalam mengembalikan kejernihan Sungai Citarik.**