Sabtu, 2 Desember 2023 | 03:18 WIB

Tingkatkan Literasi Ekonomi Syariah, Mufair Bandung 2023 Pecahkan Rekor

foto

BANDUNG, indoartnews.com ~ Pameran Muslim LifeFair Bandung (Mufair) kembali hadir di Bandung Convention Centre (BCC) pada 3 - 5 November 2023. Acara bazaar ini menampilkan 200 exhibitor dari 122 brand, mencakup berbagai kategori seperti modest fashion & accessories, halal cosmetics, islamic education, kids & baby products, hobbies and communities, islamic book & publisher, halal herbal, halal travel, multi product, hingga kuliner halal aman & sehat (KHAS).

Pembukaan Mufair 2023 dihadiri oleh Kepala Divisi Promosi dan Kerjasama Strategis KNEKS, Inza Putra, dan Kabid Perekonomian Setda Jabar Yuke Mauliani Septina. Inza Putra mengapresiasi kontribusi Mufair terhadap peningkatan indeks literasi ekonomi syariah, yang tahun ini meningkat 6%. Dia berharap event semacam ini dapat membantu masyarakat memahami produk halal dan mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas sesuai standar syariah.

Yuke Mauliani, Kabid Perekonomian Setda Jabar, mendukung penyelenggaraan lebih banyak event produk halal di Bandung, mengingat mayoritas penduduk Jawa Barat adalah Muslim. Dengan 49,4 juta penduduk, dan 48 juta di antaranya Muslim, ini menjadi peluang besar bagi pengembangan produk halal. Mufair diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi event-event sejenis di kota Bandung. 

Ilham Pradipta, General Manager Lima Events, sebagai penyelenggara Mufair Bandung 2023, optimis bahwa acara selama tiga hari ini akan dihadiri lebih dari 20.000 pengunjung. Mufair 2023 juga menjadi bagian dari rangkaian acara "Muslim Life Fest 2024" yang diselenggarakan di beberapa kota. 

Mufair Bandung tidak hanya sebagai wahana pemasaran produk Muslim, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk memperluas jaringan dan mendapatkan wawasan produk yang dibutuhkan konsumen. Event ini menjadi ajang penting untuk meningkatkan brand awareness dan menjalin hubungan dengan konsumen.

Selain mempromosikan produk, Mufair Bandung juga berkontribusi pada perekonomian kota dengan transaksi bisnis yang mencapai sekitar Rp 5 miliar pada Mufair 2022. Program promosi spesial, seperti tebus murah dan diskon hingga 75%, diharapkan akan meningkatkan transaksi bisnis pada tahun ini.

Mufair Bandung 2023 juga menawarkan kegiatan edukasi dan rekreasi bagi keluarga Muslim. Ada berbagai acara sharing, termasuk Muslim Talk dengan berbagai topik, serta aktivitas menarik untuk anak-anak, seperti lomba mewarnai dan permainan outdoor.

Sekjen Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) Pusat, Lucky Cahyo, berharap Mufair Bandung 2023 dapat mendorong pertumbuhan bisnis produk Muslim dan kuliner halal di kota Bandung. Selain itu, upaya ini diharapkan juga dapat membantu pemerintah meningkatkan indeks literasi ekonomi dan keuangan syariah yang saat ini masih 23%.**