Sabtu, 2 Desember 2023 | 01:35 WIB

KPPU Sidangkan Pelanggaran Pemberitahuan Pengambilalihan Saham PT Kadi Indonesia

foto

JAKARTA, indoartnews.com ~ Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyidangkan dugaan pelanggaran keterlambatan pemberitahuan saham PT Kadi Indonesia Manufaktur oleh Nippo Corporation, pada 7 November 2023, di kantor KPPU Jakarta. Sidang yang dipimpin oleh Komisioner Chandra Setiawan sebagai Ketua Majelis Komisi didampingi Komisioner Dinni Melanie dan Komisioner Yudi Hidayat sebagai anggota Majelis Komisi ini dihadiri kuasa hukum Nippo Corporation 

Sidang ini beragendakan pembacaan Laporan Dugaan Pelanggaran (LDP). Permasalahan berawal dari pengambilalihan 51% saham yang dilakukan Nippo Corporation atas PT Kadi Indonesia Manufaktur pada 3 Juni 2021.

Hal itu dikemukakan, Akhmad Muhari, Kepala Kepaniteraan pada Sekretariat KPPU ia pun menyebutkan, pengambilalihan saham itu telah mengakibatkan Nippo Corporation menjadi pemegang saham mayoritas dan menjadi pengendali PT Kadi Indonesia Manufaktur sehingga wajib diberitahukan kepada KPPU paling lambat 60 hari kerja sejak tanggal efektif secara yuridis. 

Atas dasar itu Nippo Corporation wajib menyampaikan pemberitahuan pengambilalihan saham itu kepada KPPU paling lambat 30 Agustus 2021.

Namun Nippo, kata Akhmad Muhari, baru memberitahukan pengambilalihan saham itu pada 18 Oktober 2021 atau 35 hari kerja, melewati ketentuan notifikasi. 

Menurut A. Muhari, sidang berikutnya akan dilaksanakan 14 November 2023, dengan agenda penyampaian tanggapan terlapor terhadap LDP dan penyampaian daftar alat bukti. **

Editor : H. Eddy D