Senin, 6 Desember 2021 | 19:26 WIB

Sejumlah Guru Besar Islam Respon Ucapan Ade Armando Soal Salat Lima Waktu.

foto

Ade Armando (YouTube/CokroTV)

BANDUNG, indoartnews.com - Opini Ade Armando yang menyebut salat lima waktu tidak ada perintahnya dalam Al-Quran, mengundang kontroversial di tengah masyarakat. Beragam komentar berdatangan dari para tokoh Islam di Indonesia merespon ucapan Ade Armando tersebut.

Seperti apakah penyataan Ade yang menghebohkan itu ? ini petikannya "Saya sih salat lima waktu walau saya tahu sebenarnya di dalam Al-Qur'an tidak ada perintah salat lima waktu. Coba saja baca Alquran, Anda tidak akan menemukan ayat yang mengatakan salat itu harus dilakukan lima kali sehari," ucap Ade Armando.

Ucapan Ade Armando tersebut ditayangkan di kanal YouTube yang diuploud beberapa hari yang lalu dengan judul SHAMSI ALI, FELIX SIAUW, MENGEROYOK SAYA SOAL SYARIAH yang ditayangkan CokroTV, Senin (1/11/2021).

Sejumlah guru besar Islam merespon pernyataan Ade Armando tersebut. Menurut sejumlah akademisi Islam itu, Ade harus mendalami Islam secara komprehensif, mendalami lebih jauh tentang soal Islam, jangan dangkal, sebagaimana dikatakan Prof. Dr. Abdul Kadir Riyadi, Ph.D, seorang guru besar dari Universitas UIN Sunan Ampel Surabaya, lewat pesan singkatnya, saat dihubungi wartawan indoartnews.com, Minggu (7/11/2021).

“Dia harus mendalami Islam lebih jauh. Pemahamannya masih dangkal”, ucap Profesor, jebolan Universitas Al-Azhar Kairo, dan University of Cape Town, Afrika Selatan, di bidang Filsafat Islam dan Tasawuf serta post-doktoral di Deakin University, Australia itu.

Lebih jauh, Prof. Dr, Abdul Kadir Riyadi, Ph.D, menambahkan, bahwa menjalankan salat lima waktu merupakan perintah yang sudah dimaklumi umat Islam dalam sepanjang sejarahnya.

“Dalam Islam salat lima waktu itu sudah mafhum adanya”, imbuhnya. Sementara di tempat terpisah, guru besar di bidang studi tafsir Alquran UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Prof.Dr. Rosihon Anwar, M.Ag, saat diminta komentarnya lewat pesan singkat, enggan menanggapi ucapan Ade Armando tersebut, Minggu (7/11/2021).@ “Tak usah ditanggapi. Persoalan salat sudah jelas”, tulisnya.

Sebagaimana diketahui pernyataan Ade Armando tentang salat lima waktu yang menjadi kontroversi tersebut, sebelumnya merupakan tanggapan Ade Armando kepada Imam Masjid New York, Shamsi Ali, yang berseteru saling kritik di media sosial.

Ade Armando merupakan seorang Intelektual yang kritis terhadap gerakan-gerakan Islam politik di Indonesia dan juga ia sebagai dosen aktif di Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, serta mengajar di beberapa universitas lainnya pada jenjang sarjana maupun pascasarjana.**