Rabu, 20 Oktober 2021 | 11:43 WIB

Presiden Jokowi Tegaskan Komcad Dikerahkan Jika Negara Darurat

foto

Kedatangan Presiden RI Joko Widodo disambut Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto, Kapolda, Gubernur Jabar dan Danlanud Husein Sastranegara, Kamis (7/10/2021).

BANDUNG BARAT, indoartnews.com ~ Presiden Joko Widodo menegaskan, Komando Cadangan (Komcad) TNI hanya digunakan untuk kepentingan pertahanan dan kepentingan negara. 

Penegasan Presiden ini disampaikan saat menjadi inspektur upacara pada upacara penetapan Komcad di Batujajar Kab. Bandung Barat, Kamis (7/10/2021).

Selain itu, kata Presiden, Komcad dikerahkan bila negara dalam keadaan darurat militer atau dalam keadaan perang, dimobilisasi oleh Presiden atas persetujuan DPR yang komando dan kendalinya berada di Panglima TNI. 

"Artinya tidak ada anggota Komcad yang melakukan kegiatan mandiri," tegas Presiden Jokowi. 

Saat tiba di Bandara Internasional Husein Sastranegara, Presiden disambut Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto dan tampak hadir Kapolda Jabar, Gubernur Jabar dan Danlanud Husein Sastranegara.

Turut mendampingi Presiden, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden, Marsda TNI, M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo dan Deputy Bidang Protokol. Dihadiri pula para pejabat tinggi negara.**

Editor : H. Eddy D