Selasa, 21 September 2021 | 19:21 WIB

TNI AL Kerahkan Tenaga Medis Laksanakan Serbuan Vaksinasi Covid-19

foto

Elly Susanto

Kepala Staf AL (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono saat menyapa Peserta vaksinasi termuda berusia 12 tahun, Rizky Berlian Putra Firmansyah, Senin (2/8/2021).

SUMEDANG, indoartnews.com ~ TNI Angkatan Laut (AL) melaksanakan Serbuan Vaksinasi Nasional kembali, kali ini Senin (2/8-2021) kepada masyarakat Sumedang dengan target 2000 peserta.

Dinas Penerangan TNI AL menjelaskan, Serbuan Vaksinasi ini terlaksana berkat kerja sama TNI AL dengan Dinas Kesehatan Kab. Sumedang, melibatkan 83 orang tenaga kesehatan (nakes) menggunakan vaksin Sinovac.

Dispen AL menjelaskan pula, 83 vaksinator dan nakes yang dilibatkan dalam serbuan vaksinasi ini dari Dinas Kesehatan Koarmada I, Dinas Kesehatan Lantamal III, Tim Kesehatan Lanal Bandung, Tim Kesehatan Lanal Cirebon, Kesdam III/Siliwangi dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, dikerahkan dengan sasaran masyarakat Sumedang.

Dijelaskannya, vaksinasi akan terus dilakukan dengan mengerahkan personel dan seluruh kekuatan TNI AL yang saat ini gencar melaksanakan serbuan vaksinasi maritim. "Kegiatan kali ini, kata Dispen AL, menyasar Sumedang yang termasuk daerah dengan jumlah penerima vaksinasi rendah".

Selain vaksinasi, Serbuan Vaksinasi TNI AL ini juga menyerahkan sembako TNI AL Peduli kepada masyarakat Sumedang yang telah melaksanakan vaksinasi.

Kepala Staf AL (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono SE, MM mengerahkan seluruh personel tenaga medis di TNI AL melaksanakan vaksinasi Covid-19 secara nasional kepada masyarakat. "TNI AL telah melibatkan satuan-satuan dan Pangkalan-pangkalan TNI AL di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke," jelas Kasal.

Serbuan Vaksinasi TNI AL di Kabupaten Sumedang ternyata disambut gembira oleh masyarakat. Target Serbuan Vaksinasi 2000 peserta, sudah terpenuhi.

Kepala Staf AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memberikan sembako kepada salah satu peserta Serbuan Vaksinasi Nasional di GOR Tadjimalela, Sumedang, Senin (2/8).

Masyarakat Sumedang bersemangat mengikuti vaksinasi sebagai wujud program nasional Serbuan Vaksinasi yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut (AL) ini karena takut terpapar dan pandemi Covid-19 ini amat berbahaya, sudah banyak mencabut nyawa manusia.

Semangat masyarakat Sumedang ini tergambar melalui seorang ibu tani, Cicih (74) warga Kampung Bebedahan RT 3 RW 9 Desa Kota Kulon Kec. Sumedang Selatan dan seorang siswa kelas 7 SMP Negeri 9 Sumedang berusia 12 tahun, Rizky Berlian Putra Firmansyah.

Ibu Cicih dengan sukacita ikut Serbuan Vaksinasi karena diberi tahu oleh RWnya. "Saya senang mengikuti vaksinasi yang diadakan TNI AL karena ingin sehat. Sebab, kata ibu Cicih dalam basa Sunda halus, Covid-19 itu berbahaya. Selain itu saya pun akan mengikuti vaksinasi kedua di sini pada 30 Agustus mendatang, gratis dan dikasih bingkisan berupa sembako pula".

Seirama dengan bu Cicih, Rizky Berlian Putra Firmansyah menyatakan ikut Serbuan Vaksinasi TNI AL disuruh orang tua dan hasrat sendiri.

"Saya takut Covid-19 karena banyak merenggut nyawa masyarakat dunia, termasuk Indonesia," ujar Rizki bersemangat seraya menghimbau sesama dan teman sekolahnya untuk ikut vaksinasi.

"Ayo teman-teman ikut divaksinasi demi kesehatan dan terhindar dari Covid-19. Tadi juga Pak Komandan (Kepala Staf TNI AL-red) nanya ke Rizky sakit engga disuntik dan sama siapa ke sini, Rizky jawab tidak sakit cuma pegel dikit dan ke sini sama papah mamah yang sama-sama divaksinasi," pungkas Rizky.**

Editor : H. Eddy D