Kamis, 5 Agustus 2021 | 08:13 WIB

Doni Monardo ; Posisi Indonesia Terendah Kasus Aktif Covid-19

foto

Administrator

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo

indoartnews.com ~ Perkembangan kasus Covid 19 di Indonesia saat ini berada dalam posisi terendah sepanjang setahun terakhir 5,88% dan angka kesembuhan mencapai rekor 91,39%. Sedang angka kematian berada di atas kematian global.

Hal ini disampaikan Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo saat acara FMB9 yang digelar secara virtual dan bertajuk "Jaga Keluarga Tidak Mudik", Rabu (5/5-2021).

"Bapak Presiden dalam berbagai kesempatan mengatakan, setelah ini bagus jangan sampai diubah lagi. Jangan ada kebijakan yang nantinya membuat kasus aktif di daerah bertambah," kata Doni.

Karena itu, kata Doni pula, Indonesia harus mengikuti perkembangan di sekitar kawasan. Sebab, beberapa negara tetangga bukan hanya virus baru yang masuk melainkan juga mengalami peningkatan kasus di negara mereka masing-masing.

Peningkatannya, lanjut Doni, terlihat dari kepulangan Pekerja Migran Indonesia yang sudah habis masa kontraknya. Bahkan di antara mereka setelah diperiksa ada yang positif Covid-19.

"Ini sudah kita buktikan dari kedatangan di Kualanamu, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Jakarta dan juga Bandara Djuanda Surabaya," kata Doni pula.

Untuk itu, ia menghimbau masyarakat untuk lebih waspada dengan adanya varian baru Covid-19. Sebab, Presiden Joko Widodo mengingatkan untuk tetap waspada dengan capaian saat ini, jangan sampai lengah, tidak boleh kendor protokol kesehatan.

Protokol kesehatan ini, katanya, kunci keberhasilan bangsa Indonesia untuk terhindar dari ancaman Covid-19. "Disiplin, kompak dan konsisten merupakan salah satu solusi bagi bangsa kita melakukan pengendalian Covid-19," katanya.**

Editor : H. Eddy D