Minggu, 29 November 2020 | 06:12 WIB

KPPU Award bagi Kementerian/Lembaga dan Pemprov Titik Berat Penilaian Inisiatif

foto

JAKARTA, indoartnews.com ~ Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), akan memberikan KPPU Award kepada Kementerian/Lembaga (KL) dan Pemerintah Provinsi. Penilaian dilakukan sejak Juni 2020 secara kuantitatif dan kualitatif.

Penilaian dititikberatkan kepada upaya inisiatif K/L dan Pemerintah Provinsi dalam pelaksanaan prinsip persaingan dan kemitraan dalam kebijakan yang diambilnya.

Untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) ada 3 variabel utama yang dinilai. Pertama, inisiatif Pemprov untuk mendorong persaingan usaha di daerahnya dengan melakukan koordinasi dan konsultasi ke KPPU, menginisiasi dan melaksanakan kerjasama serta menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti diskusi/seminar dan forum lain terkait persaingan usaha dan kemitraan.

Penilaian ke-2, kontribusi Pemprov, langsung mau pun tidak, memasilitasi berbagai agenda KPPU di wilayahnya. Sementara variabel ke 3, terkait pelibatan KPPU langsung sebagai bagian dari tim dalam pelaksanaan pengawasan persaingan dan pengawasan kemitraan. Sementara untuk K/L, penilaian ditekankan terhadap upaya pelibatan KPPU dalam setiap perumusan kebijakan agar selaras dengan UU No. 5/1999 dan UU No. 20/2008, respon terhadap saran pertimbangan yang telah disampaikan serta interaksi positif lainnya.

Berdasar penilaian itu, KPPU telah menyusun nominasi penerima Award itu untuk ke2 kategori masing-masing Prov. DI Yogyakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Lampung dan Sumatra Utara.

Untuk K/L Kemenko Bidang Perekonomian, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/BAPPENAS, Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementeriaan Perhubungan, Kementerian Pertanian dan Kementerian KUKM. 

Penerima Award akan diumumkan KPPU pada 15 Desember 2020 di Jakarta.**

Editor H. Eddy D