Minggu, 29 November 2020 | 05:01 WIB

Jumlah Populasi Biawak Komodo Lembah Loh Buaya Relatif Stabil

foto

Administrator

JAKARTA, indoartnews.com ~ Taman Nasional Komodo (TNK) yang memiliki luas 173.300 Ha selain memiliki alam yang menakjubkan juga banyak dihuni oleh hewan langka, KOMODO, saat ini sarana dan prasarananya (sarpras) terus dikembangkan untuk wisata edukasi mau pun penelitian.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistdm Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Wiratno, Senin (26/10-2020) menyebutkan, jumlah populasi biawak komodo di lembah Loh Buaya relatif stabil. Bahkan meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Wiratno menjelaskan, total jumlah biawak komodo pada 2018 berjumlah 2.897 individu dan tahun 2019 bertambah 125 individu menjadi 3.022 individu.

"Konsentrasi populasinya berada di pulau Komodo dan pulau Rinca. Hanya 7 individu di pulau Padar, 69 individu di Gili Monang dan 91 individu di Nusa Kode," ucap Wiratno.

Ia mengemukakan, populasi biawak komodo di lembah Loh Buaya 5% dari populasi di pulau Rinca atau sekitar 66 ekor.

Bahkan, populasi biawak komodo di Lembah Loh Buaya selama 17 tahun terakhir relatif stabil dengan kecenderungan sedikit meningkat pada 5 tahun terakhir.

Wiratno menegaskan, berdasar pengamatan, jumlah biawak komodo yang sering berkeliaran di sekitar area pentaan sarana prasarana di Loh Buaya sekitar 15 ekor.

Beberapa di antaranya, ucapnya, berperilaku tidak menghindar dari manusia. Namun, guna menjamin keselamatan dan perlindungan terhadap biawak komodo termasuk para pekerja; seluruh aktivitas penataan sarana prasarana diawasi oleh 5 - 10 ranger setiap hari. Mereka memeriksa keberadaan biawak komodo termasuk di kolong-kolong bangunan, bekas bangunan dan kolong truk pengangkut material, katanya.**

Editor : H. Eddy D