Minggu, 29 Maret 2020 | 01:02 WIB

2 Tahun Citarum Harum, Terbentuknya Subsektor Pembibitan Puncak Dari Progres Sektor 21

foto

Ken Zanindha

BANDUNG, indoartnews.com ~ indoartnews.com Satgas Citarum Harum mulai bergulir pada Februari 2018 berdasarkan Perpres No. 15 tahun 2018 dan kini terlaksananya Citarum Harum telah mencapai usia 2 tahun.

Progres yang dicapai selama bergulir pelaksanaan Citarum Harum telah mencapai progres yang luar biasa. Selain kondisi air sungai Citarum yang mulai agak bening bebas limbah dan sampah. Progresnya bukan saja air Citarum kini mulai bersih, namun masyarakat mulai menyadari peranan Citarum sebagai sumber kehidupan makhluk sehingga diharapkan habitat di sungai kebanggaan Jawa Barat ini kembali kepada kehidupan sebagai makhluk air. 

Sebagai kebanggaan Jawa Barat Citarum juga menjadi harapan dan kebanggaan masyarakat Indonesia dengan 3 waduk aliran Citarum yang menjadi sumber tenaga listrik dan kebutuhan air untuk wilayah DKI Jakarta. 

Selama perjalanan waktu Satgas Citarum Harum, khususnya di wilayah Sektor 21, bukan hanya terwujudnya Citarum Harum juga tumbuhnya kesadaran masyarakat pada kebersihan lingkungan.

Khusus kepada pabrik yang membuang limbahnya ke saluran, anak sungai, Satgas Sektor telah memberi peringatan berupa penutupan saluran pembuangan limbah kepada 318 pabrik. Melalui tahapan ini, para pengusaha pabrik telah mengubah sistem produksinya.

Mereka mengubah instalasi pembuang air limbahnya hingga jadi air bening yang dapat dimanfaatkan kembali untuk keperluan produksinya.

Satgas Sektor 21, sebagaimana dijelaskan Dansektornya, Kol. Inf. Yusep Sudrajat, bukan hanya pada pembinaan kebersihan. Namun juga pada penertiban bangunan rumah yang dibangun di atas bantaran sungai.

Satgas Sektor 21 pun, kata Kolonel Yusep, banyak dibangun sarana untuk keperluan masyarakat seperti membuat kotak tempat pembuangan sampa (TPS), membuat 7 taman, 4 unit TPS 3 R, septic tank komunal 24 unit, 18 lembar spanduk/banner, 1 unit troly sampah, 1 unit gerobak sampah, 3 unit incinerator. Jika mengeruk sedimen di anak sungai, Satgas menggunakan alat berat 2 exacavator dan dump truck.

Selama 2 tahun juga Satgas Sektor 21 telah menanam 20.031 pohon di sepanjang DAS Citarum. Sedangkan dalam revitalisasi sungai, Satgas telah membabad rumput sepanjang 371.438 meter, mengangkat sampah 104.739. 168 kg, mengeruk sedimen sepanjang 66.339 M2.

Pada dekade ini, Satgas Citarum Harum Sektor 21 memuncaki aktivitasnya dibukanya lahan pembibitan di Kp. Cimenteng seluas 5 Ha dan memulai penanaman bekerjasama dengan PWI Kota Bandung dalam memperingati Hari Pers Nasional 2020.

Saat ini Posko Pembibitan di kampung Cimenteng sudah mulai dibangun untuk barak, mushala, kamar mandi dan WC untuk keperluan personel.**