Minggu, 26 Januari 2020 | 00:01 WIB

Kepala BNPB Himbau Masyarakat Waspadai Musim Hujan Yang Sedang Berlangsung

foto

Administrator

JAKARTA, indoartnews.com ~ Sesuai dengan arahan dari BMKG, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencan (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo, meminta khususnya DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, umumnya seluruh unsur di seluruh Indonesia, waspada dengan musim hujan yang masih berlangsung.

Ia mengingatkan, sejak 5 Januari 2020 seluruh lapisan masyarakat dan para pemimpin daerah membiasakan diri untuk membersihkan saluran-saluran air seperti got, gorong-gorong, selokan dan anak sungai.

"Kami katakan semua unsur pemimpin masyarakat, dari mulai Gubernur, Bupati, Walikota, Camat, Kepala Desa/Kelurahan sampai RW/RT, hendaknya terjun menata seluruh saluran air," tegasnya seraya menambahkan, semua itu sebagai ujung tombak.

Letjen Doni menegaskan, kerjan dan gotong royong ini berlangsun dari pagi sekitar jam 07.00 hingga sore hari mengingat ancaman curah hujan yang berlangsung hingga akhir Januari 2020.

Gubernur beserta Kepala Daerah, kata Doni hendaknya memaksimalkan manajemen kebencanaan, penguatan Posko beserta pelibatan semua pihak baik dalam kesiapsiagaan mau pun tanggap darurat.

Dalam hal ini, ucap Doni, Gubernur, Bupati/Walikota menjadi komandan satuan tugas (Satgas) dalam pelayanan kebencanaan kepada warga. 

Ini berarti, katanya, keselamatan jiwa masyarakat adalah hukum tertinggi seperti pesan Salus populi supreme lex.**