Minggu, 26 Januari 2020 | 01:06 WIB

Menkes Harapkan RSUD Ulin Jadi Rujukan Penderita Jantung

foto

Administrator

JAKARTA, indoartnews.com ~ Menteri Kesehatan Dr. dr. Terawan Agus Purwanto menyetujui jika Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan menjadi RS rujukan bagi penderita penyakit jantung.

Pernyataannya itu disampaikan Menteri DR. dr. Terawan saat audensi dengan Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2020 Jum'at kemarin (20/12) di gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan Jakarta.

Tim HPN dipimpin Penanggung Jawab HPN, Atal Depari yang juga Ketua Umum PWI Pusat didampingi Sekjennya Mirza Zulhadi, Ketua Panitya Pelaksana HPN Auri Jaya, Direktur Kesejahteraan dan Pengabdian Masyarakat PWI Pusat M. Nasir dan Direktur Kerjasama Wartawan ASEAN Dr. Edi Yoga dan Humas Mercys Charles Loho.

Menteri Kesehatan menyatakan rasa prihatinnya karena penderita penyakit jantung di daerah jika ingin mendapat pelayanan dari RS Harapan Kita di Jakarta harus menunggu enam bulan. Oleh sebab itu, katanya, ia sangat setuju jika RSUD Ulin di Kota Banjarmasin akan menjadi RS rujukan bagi penderita penyakit jantung di daetah.

Untuk itu, kata Menteri, kementerian sudah merevisi aturan untuk.memudahkan RSUD yang berencana menjadi RS rujukan bagi penderita penyakit jantung.

"Kami bersyukur atas rencana RSUD Ulin di Kota Banjarmasin menjadi RS rujukan. Apalagj, saat ini RSUD tersebut berkelas A telah menyiapkan gedung bertingkat dengan ruangan-ruangan yang memadai menjadi RS rujukan penanganan penyakit jantung," tegas Menteri.

Ia pun merencanakan pada saat HPN nanti, bersama Presiden Joko Widodo akan hadir mengikuti acara.**