Senin, 3 Agustus 2020 | 15:52 WIB

Anak Muda Masa Kini harus Siap Menguasai Teknologi di Era 2045

foto

Administrator

JAKARTA, indobesiaartnews.com ~ Anak-anak muda, pria dan wanita masa kini harus siap menghadapi tahun 2045 dengan berbagai tantangan perkembangan teknologi. Mereka harus mampu menguasai teknologi modern.

Harapan itu disampaikan Adriana Elizabeth pada seminar jilid II bertajuk "Mimpi Tokoh Muda untuk Indonesia 2045" yang diselenggarakan PWI Pusat di auditorium Adhiyana Wisma Antara Jakarta Pusat, Rabu kemarin (18/12).

Menurut Adriana, generasi muda terutama yang lahir di atas 1980, idenya terkadang aneh. Tapi kita senang, walau ada ciri yang tidak baik. Terkadang, katanya pula, mereka itu ambigu karena mereka multi talenta dan mereka harus diarahkan karena tantangan ke depan yang dihadapi Indonesia harus mampu menguasai teknologi modern. Tetapi ia yakin generasi muda dapat menguasainya walau masih menghadapi tantangan SDMnya yang masih kurang baik terutama di Papua.

Adriana pun memberi gambaran lain bagi generasi muda dalam menghadapi tantangan ketidakpastian, ketidakteraturan dunia.

Contohnya, Uni Eropa bisa membuat aturan yang demikian rumit bagi produk sawit Indonesia. Tetapi, perlakuannya berbeda kepada negara lain. Ini menunjukkan, kata Adriana, betapa penting Indonesia membangun peradaban dengan upaya selain harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi juga harus mengarah demi pemenuhan kesejahteraan rakyat.

Adriana menegaskan pula, peradaban lain yang harus dibangun oleh Indonesia adalah mengharmoniskan nasionalisme dengan globalisme. Selain itu, katanya, dua hal penting dalam menyongsong Indonesia 2045, mewujudkan sistem demokrasi yang memrnuhi kebutuhan hak azasi manusia paling dasar. Jika itu dilakukan, tegas Adriana, Indonesia lebih gemilang.

"Yang tak kalah penting, pemberdayaan perempuan yang lebih luas. Biar mereka memiliki peran penting yang bisa dikerjakan oleh mereka di era ini," tegasnya.**