Selasa, 3 Oktober 2023 | 14:02 WIB

2.805 Paket Sembako Disalurkan Pemkot Bandung Sambut HJKB ke-213

foto

BANDUNG, indoartnews.com ~ Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Bandung, Asep Saeful Gufron menyatakan, 2.805 paket sembako disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkannya dalam menyambut Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-213. 

Asep Saeful Gufron menyatakan hal itu Selasa kemarin (19/9/2023) dalam kegiatan Bandung Berbagi bersama seluruh stakeholder dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan mitra lain. 

"Ini merupakan ungkapan rasa syukur dan kepedulian bagi warga Kota Bandung yang membutuhkannya bersama Baznas dengan harapan bisa membantu meringankan beban ekonomi masyarakat, " ucap Asep Saeful.

Ia menyebutkan, dalam kegiatan ini banyak pihak yang terlibat untuk menyediakan paket sembako. Di antaranya dari ASN di Kecamatan,, Setda, KPKB, Baznas, BUMN, Rumah Sakit, BUMD dan OPD. 

"Sebanyak 2.805 paket sembako akan dibagikan untuk masyarakat kurang mampu berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Hari ini disalurkannya ke 30 kecamatan untuk diberikan kepada fakir miskin. Tiap kecamatan juga melakukan kecamatan berbagi di tiap kecamatan masing-masing," paparnya.

Sementara itu, Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna menyampaikan, kegiatan semacam ini sebaiknya tidak hanya saat momentum HJKB, tapi perlu dirutinkan.

"Kita pikirkan ini bisa berjalan rutin tiap bulan atau tiga bulan sekali. Kalau untuk berinfak sedekah, saya pikir para ASN sangat berkemampuan untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan," ungkap Ema.

Ia menambahkan, selain Bandung Berbagi, hari ini pun Pemkot Bandung menggelar acara Operasi Pasar yang akan dilaksanakan di 30 kecamatan. 

"Hari ini baru di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Coblong, Sukasari, dan Rancasari," tuturnya.

Harganya sudah disesuaikan, bahkan di bawah HET yang sudah ditentukan. Harga beras medium di pasaran mencapai Rp13.500/kg. Namun di Operasi Pasar hanya dijual Rp10.200/kg.

"Minyak itu harga pasarannya Rp16.000/liter. Di OP kita jual Rp13.500/liter. HET saja Rp14.000/liter. Mudah-mudahan hal seperti ini memberikan manfaat untuk masyarakat Kota Bandung," jelasnya.**

Editor : H. Eddy D