Senin, 6 Desember 2021 | 19:18 WIB

Taman Alun-alun Mulai Buka Lagi Namun Pengunjung Masih Dibatasi

foto

Elly Susanto

Taman Alun-alun Bandung suasana sore hari, Rabu (17/11/2021).

BANDUNG, indoartnews.com ~ Taman Alun-alun yang terletak di puser kota sebelum pandemi Covid-19 selalu menjadi tujuan wisata warga dalam dan luar kota. Saat pandemi ditutup total. Kini setelah melandai dibuka lagi dengan pembatasan pengunjung.

Kepala Unit 6 Satpol PP Kota Bandung Sukma Kencana Putra di Jl. Dalem Kaum, Rabu (18/11/2021) walau dibuka tetapi dibatasi sekitar 25% saja. "Ini baru dibuka lagi 2 minggu di awal November 2021," ucap Sukma.

Demikian juga jam operasional yang biasa buka sampai malam, kini hanya sampai jam 16.00. Itu pun tetap harus mematuhi protokol kesehatan di antaranya penerapan aplikasi pedulilindungi, harus memakai masker, mencuci tangan yang sarananya disediakan. "Jika ada yang tidak bermasker tidak diijinkan masuk," tegas Sukma.

Kepala Unit 6 Satpol PP Kota Bandung, Sukma Kencana Putra saat diwawancarai indoartnews.com, Rabu (17/11).

Menyinggung tentang libur Natal 2021 dan Tahun baru 2022, Sukma menyebutkan, masih menunggu keputusan hasil rapat Pemerintah dan Forkopimda Kota Bandung demi tidak terjadinya lonjakan.

"Biasanya Ketua Harian Satgas Kota Bandung, bapak Sekda Ema Sumarna akan memberi pengarahan tentang tutup, bukanya atau mesti diperketatnya Taman Alun-alun. "Satpol PP hanya mengikuti dan menaati perintah atasan dan Satgas Covid-19 Kota Bandung," pungkas Kepala Unit 6 Satpol PP Kota Bandung.

Sementara itu, Pujiman, pengunjung Taman Alun-alun menyatakan rasa amannya berkunjung ke Taman ini karena prokes diperketat. "Sebelum masuk kota scan barcode dulu. Yang tidak memakai masker ke taman tidak boleh masuk. Sedang untuk cuci tangan hand sanitizer disediakan di pintu masuk," ucap warga Buahbatu Bandung ini. 

Pujiman bersama keluarga di taman Alun-alun Bandung, Rabu (17/11). 

Penggemar wisata lainnya dari Kota Banjar, Mulyani bersama rombongan berwisata ke Kota Bandung juga penasaran jika tidak mengunjungi Taman Alun-alun.

"Panasaran upami ka Kota Bandung henteu ka Taman Alun-alun (penasaran kalau ke kota Bandung tidak ke taman Alun-alun -red)," kata Mulyani dalam dialek Sunda seraya menyebutkan di Taman ini berfoto selfi dan ingin menikmati suasana Masjid Agung.

"Kami kira Kota Bandung belum aman benar, makanya kami tetap mematuhi protokol kesehatan dan sangat berhati-hati. Petugas di sini pun baik-baik," pungkas Mulyani. **

Editor : H. Eddy D