Rabu, 8 Desember 2021 | 02:10 WIB

Peran Warga di Antapani Kidul Luar Biasa dalam Masa Pandemi

foto

Elly Susanto

Lurah Antapani Kidul, Dedi Juardi S.Ip

BANDUNG, indoartnews.com ~ Kepala Kelurahan Antapani Kidul Dedi Juardi S.Ip mengapresiasi peran warganya berikut 19 RWnya yang aktif dan semangat dalam mengantisipasi merebaknya Covid-19. Dalam masa pandemi itu Antapani Kidul masuk 10 besar karena peran Satgas RW dan adanya bantuan tim dari Provinsi, Tim Puspa (Puskesmas Terpadu dan Juara) yang membentuk kader petugas Survailens Berbasis Masyarakat (SBM). 

Fungsinya, kata Lurah Dedi, membantu Satgas RW. "Alhamdulillah, kami sudah membentuk 100 Satgas Covid-19 Kelurahan Antapani Kidul yang berkolaborasi dengan Babinsa, Babinkamtibmas termasuk UPT dalam hal ini Puskesmas Jajaway Kelurahan Antapani Kidul juga dibantu Karang Taruna dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

Ia juga mengapresiasi setiap ada yang terpapar Covid-19 di wilayahnya, RWnya yang melaporkan. Setiap yang terpapar di tracer si A, si B dan si C. "Ini sangat luar biasa. RW di sini tracernya bagus. Ini berkat keberhasilan Satgas Covid-19 ," kata Dedi saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/11/2021).

Di Kelurahan ini, kata Dedi, penduduknya termasuk padat, 23.753 jiwa berdasarkan laporan kependudukan bulan Oktober 2021. "Kami khawatir jika ada varian baru atau debur gelombang 3, untuk itu, kami mulai berjaga-jaga dengan mengingatkan dan menyosialisasikan ke semua RW untuk waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). 

Untuk menghindarinya, kata Lurah Dedi, memobilitasi seseorang. Misal jika warga ke luar untuk belanja hendaknya disekaliguskan supaya tidak sering keluar. Peringatan ini disampaikan karena di Kelurahan ini banyak komplek perumahan jadi mobilitasnya cukup tinggi dan untuk menghindari munculnya lonjakan. 

Untuk kewaspadaan ini, katanya, jika ada warga luar yang berkunjung ke kerabatnya di Kelurahan ini diberi ingat harus lapor dalam 1 x 24 jam, dari mana, mau kemana dan apa kepentingannya, pungkas Kepala Kelurahan Antapani Kidul. **

Editor : H. Eddy D