Senin, 6 Desember 2021 | 19:03 WIB

Di Masa Covid-19 Salon Madea Tutup Selama 5 Bulan

foto

Elly Susanto

Rosmadea, pemilik salon Madea

BANDUNG, indoartnews.com ~ Setelah tutup 5 bulan akibat pandemi Covid-19 Salon Madea milik Rosmadea di lantai dasar kompleks apartemen Gateway Jl. A. Yani Cicadas Kota Bandung tutup akibat Covid-19, kini buka kembali dengan menaati protokol kesehatan (prokes).

Rosmadea pemilik salon Madea menjelaskan, saat salon tutup mulai Maret hingga Juli dan baru buka lagi Agustus 2021, dua asistennya tidak bekerja lagi. Karena tidak bisa menggaji mereka lagi dan pengunjung salonnya juga masih jarang.

"Sebenarnya, kami juga perlu income tapi gimana lagi. Salon kami tutup atas kesadaran sendiri dan mematuhi prokes," kata Rosmadea kepada indoartnews.com, Senin (1/11/2021).

Ia menyebutkan pada Agustus salonnya dibuka lagi karena pandemi Covid-19 sudah melandai. Walau demikian, untuk prokes di salonnya disediakan hand sanitizer, sabun dan penyemprotan badan.

"Jika datang tamu, kami tanya dulu ke sini naik apa. Kalau naik angkot, saya menyemprot dulu badan dan rambutnya dengan seijin tamunya. Soalnya, di angkutan umum kan duduknya berdekatan," tutur Rosmadea.

Di dalam bangunan Gateway ini, kata Rosmadea, ada 20 lantai untuk menuju lantai atas atau turun, pengunjung menggunakan lift. 

Jika di antara pengunjung itu ada yang masuk ke salonnya, Rosmadea selalu menanyakan apa tadi di dalam lift berdesakan atau tidak. "Ketika dijawab iya, dengan permohonan maaf dan seizinnya, saya akan menyemprot badan dan rambut tamu sebelum duduk untuk potong rambut," jelas Rosmadea.

Walau Covid-19 Telah Landai Tapi Masyarakat Jangan Abai

Dinkes Kota Bandung Siapkan 5.000 Alat Rapid Tes Bagi Siswa dan Guru

Ia menjelaskan pula, karena pandemi meledak, salonnya tutup selama 5 bulan. "Saya mematuhi protokol kesehatan (prokes). Padahal langganan cukup banyak khususnya para pelanggan dari rumah sakit Santo Yusup, dokter dan para perawat. Karena Rumah Sakit biasanya jadi pusat penyebaran Covid-19. Kami harus tetap berjaga-jaga," ujarnya. 

Mereka, katanya, langganan tetap Salon Rosmadea karena selain lokasinya berdekatan, khususnya mereka merasa cocok potong rambut di salon ini. "Makanya ketika salon buka lagi, sudah ada beberapa pelanggannya yang datang," ucapnya. 

Sekarang Kota Bandung sudah di Level 2, ekonomi pun sudah mulai menggeliat lagi, katanya, namun untuk ramai lagi seperti dulu belum mungkin.

"Dalam 1 atau 2 tahun ke depan perekonomian kita ini entah bagaimana. Tapi yang pasti selama kita tetap ikhtiar Tuhan juga menolong kita. Pasti ada jalan, " ia memberi keyakinan. 

"Harapan saya, pandemi ini segera berakhir dan kondisi normal kembali seperti sebelum Covid-19 dan untuk itu butuh waktu lama," ucap Rosmadea.

Ia menegaskan pula, itu semua tergantung kepada kita semua untuk membangun negara guna mendorong pemerintah semakin baik dan kuat terutama moral bangsa perlu dibangun lagi. Sesama yang beragama saling menghargai dan menghormati, rukun sesuai falsafah Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

"Pokoknya jika negara ingin kuat, rakyatnya harus ikut mendukung dan jangan gampang termakan hoax, apalagi tentang Covid-19," sarannya.**

Editor : H. Eddy D