Senin, 6 Desember 2021 | 18:48 WIB

Oded Syukur Vaksinasi di Bandung Juga Digelar TNI-Polri-Swasta

foto

Wali Kota Bandung, M. Ode Danial

BANDUNG, indoartnews.com ~ Wali Kota Bandung Oded M. Danial amat bersyukur selain oleh Pemerintah Kotanya, vaksinasi juga gebyar dilaksanakan instansi swasta masyarakat, TNI-Polri.

Rasa syukurnya ini ia sampaikan saat menerima Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jawa Barat dalam pertemuan awal Pemeriksaan Kinerja atas upaya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Tahun Anggaran 2021 di Balai Kota Bandung, Senin (18/10/2021).

Oded menyatakan, untuk vaksinasi ini ia selalu berkoordinasi dengan berbagai penyelenggara vaksinasi Covid-19 agar data vaksinasi di kota ini bisa terintegrasi secara tepat.

Namun, kata Oded, dengan banyaknya kolaborasi, perlu koordinasi lebih intens untuk pemutakhiran data vaksin agat semakin akurat. 

"Di satu sisi keterlibatan banyak pihak mengakselerasi program vaksinasi tapi di sisi lain ada kekurangan. Data tercecer karena belum terintegrasi. Sekarang saya kini sedang berkoordinasi agar dilakukan secara optimal," katanya. Menurut Oded, dari data yang terhimpun vaksinasi di Kota ini sudah mencapai 90,8% untuk dosis pertama. Sedangkan dosis ke-2 telah mencapai 68,12% dari target. 

"Jika memperhitungkan ketersediaan vaksin, jumlah vaksinator dan kecepatan penyuntikan kepada masyarakat, in-sya Allah target akan tuntas tahun ini," ujar Oded seraya menyatakan BPK melaksanakan ini hingga akhir November 2021.

Sementara, Kepala Perwakilan BPK Jawa Barat, Agus Khotib menyatakan, BPK melaksanakan pemeriksaan ini serentak di seluruh Indonesia. Hal ini guna memastikan program vaksinasi tercapai secara optimal dan tepat sasaran. 

Agus menyatakan, pelaksanaan audit juga guna mendorong performa pemerintah dalam vaksinasi. Harapan dia, bisa segera membantu menuntaskan pandemi Covid-19.

"Tujuannya menilai efektivitas upaya pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap Kota Bandung dalam pelaksanaan vaksinasi. Kabupatennya, kami ambil Kabupaten Bandung Barat. Untuk pusatnya, kita ambil juga. Jadi kami lakukan dari hulu ke hilir, " pungkasnya. **

Editor : H. Eddy D