Rabu, 20 Oktober 2021 | 09:52 WIB

Pemkot Bandung Studi ke GBK Guna Optimalisasi SOR, GOR & GT

foto

JAKARTA, indoartnews.com ~ Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yang memiliki 18 fasilitas Sarana Olah Raga (SOR), Gelanggang Olah Raga (GOR) dan Gelanggang Taruna (GT) perlu optimalisasi pemanfaatannya seperti di Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta.

Untuk itulah Pemkot Bandung melaksanakan studi tiru pengelolaan kawasan sarana olah raga ke Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) GBK guna optimalisasi pengelolaan sarana olah raga yang ada di Kota Bandung.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meyakini, dari studi ini ternyata pengelolaan sarana olah raga bisa dimaksimalkan dengan berbagai cara yang bisa diadaptasikan di Kota Bandung.

"Jadi kita mempelajari cara pengelolaan GBK beserta pola-pola kerja samanya. Fasilitas apa saja yang bisa dikerjasamakan. Mana yang dikelola berikut dengan pemeliharaannya juga, " ucap Yana usai menyusuri kawasan GBK Jakarta, Senin (11/10/2021).

Di kawasan GBK, kata Yana, tidak hanya terdapat sejumlah sarana dan prasarana olahraga namun juga ada cafe, minimarket, sentra kuliner, merchandise dan lokasi wisata sejarah.

"Pemanfaatan areal sekitar stadion ini optimal yang dikerjasamakan dan bisa bentuknya apa saja. Fasilitas penunjang tidak hanya untuk olahraga saja tapi juga yang lainnya.

"Mempelajari pengelolaan atau nanti dikerjasamakannya seperti apa, upaya memanfaatkan lingkungan sekitar dan lingkungan pendukung lainnya," katanya.

Sementara itu Dirut PPK GBK, Rakhmat Afif Kusumo mengaku siap mendampingi Pemkot Bandung dan berkolaborasi dalam pengelolaan sarana olahraga. Fasilitas olahraga saat ini bisa dimanfaatkan untuk beragam kegiatan sehingga memiliki potensi komersialisasi cukup besar.

"Silahkan bapak tanya sebanyak-banyaknya kita diskusi cara pengelolaan di sini. Saya cukup senang. Karena saya juga dulu tinggal di Bandung. Saya dari ITB jadi penikmat sarana olahraga di sana, " kata Rakhmadi. **

Editor : H. Eddy D