Rabu, 20 Oktober 2021 | 11:01 WIB

Pengunjung Mall BEC Wajib Perlihatkan Sertipikat Vaksinasi

foto

Elly Susanto

Gilang Pratama di tempat kerjanya Mall BEC Jl. Purnawarman, Bandung, Selasa (8/9/2021).

BANDUNG, indoartnews.com ~ Selama wabah Covid-19, penjualan hand phone (HP), khususnya di pusat penjualan HP di Mall BEC Jl. Purnawarman Bandung, menurun drastis hingga hampir mencapai 80%.

Gilang Pratama (28) salah seorang pramuniaga di Mall BEC itu mengemukakannya kepada indoartnews.com pada Rabu (8/9-2021).

Ia menyebutkan, selama masa pandemi penjualan HP di counternya turun. Jauh berbeda dengan sebelum PPKM Darurat. Kini penjualannya menurun hingga 80%.

Satgas Covid-19, kata Gilang, yang bertugas di mall ini hampir setiap jam mengontrol ke sini. Mereka selalu mengontrol mulai lantai bawah hingga di lantai paling atas di 3A.

"Jika kedapatan ada pramuniaga yang tidak bermasker akan ditegur sambil diberi pengarahan dan untuk itu kita harus selalu mematuhi protokol kesehatan dan hingga saat ini di mall BEC ketat sekali. Jika ada yang mau masuk mall harus menunjukkan sertipikat sudah vaksinasi. Jika tidak, jangan harap bisa masuk. 

"Buat saya dengan teman-teman selalu taat prokes dan jika ada pelanggan datang ke counter ini dan saat komunikasi, kita juga jaga jaga jarak," ujar Gilang. 

Gilang juga mengatakan, adanya wabah Covid-19 memang rugi sehingga beberapa bulan tutup dan hingga kini tutup toko lebih cepat dari semenjak PPKM. Tetapi, kata Gilang, dibalik ini ada hikmahnya juga. Ia jadi banyak diam di rumah, jadi sering kumpul bersama keluarga dan bisa makan bareng lagi dengan mereka.

"Secara ekonomi memang merugi tetapi Allah telah mengatur segalanya termasuk rejeki. Nyatanya demi keperluan sehari-hari ada saja rejeki walau tidak besar. Yang penting tetap berusaha," pungkasnya.

Demikian pula yang dialami pengunjung Mall, Mega dan Resti warga Cicadas yang diwawancara oleh indoartnews.com, mengatakan, sebelum pandemi, mereka sering ke BEC namun saat PPKM Darurat tidak lagi keluar rumah jika tidak perlu benar.

Tentang protokol kesehatan (prokes), kepada indoartnews.com menjelaskan, masuk ke mall ini demikian ketat prokesnya. Jika masuk ke mall ini selain harus memakai masker juga discan barcode atau harus menunjukkan sertifikat telah divaksinasi. "Masuk ke mall ini prokesnya ketat. Seperti halnya saat melihat-lihat HP di etalase dan saat berkomunikasi dengan pramuniaga tetap harus menjaga jarak.

Akibat kondisi pandemi ini situasi mall BEC jadi sepi. Apalagi, kata Mega dan Resti, mall ini sempat tutup. "Kasian juga sih sama mereka yang bekerja di mall ini. **

Editor : H. Eddy D