Selasa, 21 September 2021 | 18:51 WIB

Mahasiswa UTama Bagikan Ribuan Nasi Kotak Kepada Warga yang Sedang Isoman

foto

Para mahasiswi di dapur umum sedang menyiapkan makanan nasi kotak untuk warga yang sedang isoman, Jumat (30/7/2021).

BANDUNG, indoartnews.com ~ Mahasiswa yang tergabung dalam Pemerintahan Mahasiswa (Pema) Lembaga Kemahasiswaan dan Organisasi Kemahasiswaan (LKOK) Universitas Widyatama (UTama) membagikan langsung ribuan nasi kotak ke rumah-rumah warga di 6 RT wilayah Sukajadi, Cibeunying, Arcamanik dan daerah lainnya di Kota Bandung, yang sedang isolasi mandiri (isoman) akibat terpapar Covid-19.

Bambang Teguh Munajat, Presiden Pemerintahan Mahasiswa (Pema) UTama menjelaskan, ia bersama rekan-rekannya membagikan nasi kotak selama 3 hari dari Rabu (28-30/7-2021). Selain itu gotong royong, membantu dapur umum yang didirikan di lapang Abra, Sukajadi.

"Kami bagikan nasi kotak kepada warga yang sedang isoman, sesuai dengan data yang kami terima. Hari pertama dan ke-2 kami distribusikan sekitar 3000 nasi kotak dan di hari ke-3 kami distribusikan 400an, termasuk membagikan vitamin kepada mereka, kata Bambang Jum'at (30/7-2021) malam.

Dijelaskannya pula, untuk melancarkan kegiatan itu setiap harinya dikerahkan 30 mahasiswa yang dibagi menjadi beberapa tim. Selain tim distribusi juga ada yang membantu menyiapkan nasi kotak di dapur umum.

Ia mengungkapkan pula, mahasiswa UTama ingin meringankan beban dan membantu warga yang sedang isoman. Ini juga bentuk kepedulian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Kami juga berkolaborasi dengan Uncle Teebob, pegiat media sosial yang memiliki jiwa sosial yang tinggi, membantu masyarakat yang membutuhkan," kata Bambang yang kini tercatat sebagai mahasiswa semester VI, Teknik Informatika Fakultas Teknik seraya menambahkan, mereka juga membagikan bantuan sembako, masker, hand sanitizer bagi warga RW IX, Kel. Sukapada dekat kampus UTama.

Kegiatan terakhir, kata Bambang, ia dan rekan rekan membagikan bantuan sembako kepada pedagang kecil di sekitar Jl. Cikutra No. 204 A Bandung dan Sabtunya membagikan sembako dan uang tunai kepada pedagang kecil sekitar kampus yang tekena Covid-19, katanya.

Mengenai dana, Bambang menyatakan, terkumpul dari para mahasiswa yang menjadi panitia, donasi mahasiswa UTama, Biro Kemahasiswaan UTama dan dari masyarakat.

Tentang pengabdian kepada masyarakat lainnya, para mahasiswa turut menyukseskan gebyar vaksin I bagi mahasiswa dan masyarakat, di gedung Serba Guna UTama Jl. Cikutra 204 A, pada Selasa (27/7-2021).

Dalam kegiatan ini, kata Bambang, merekrut 78 mahasiswa menjadi relawan. Mereka terdiri dari anggota senat mahasiswa dan mahasiswa UTama yang tidak ikut LKOK.

Kegiatan Gebyar Vaksin itu juga, kata Bambang, melibatkan 6 dokter, 19 asisten dokter, 23 tenaga bantuan medis, 4 orang Biro Kemahasiswaan dan 2 orang dari UTama.

Vaksinasi ini diikuti 1.300 orang terdiri dari mahasiswa, dosen, karyawan UTama termasuk masyarakat di wilayah Cibeunying Kidul yang meliputi Kelurahan Sukapada, Cikutra, Pasirlayung, Sukamaju, Padasuka dan Cicadas.

Rencananya vaksinasi gelombang ke-2, kata Bambang, dilaksanakan 24 Agustus di tempat yang sama.**

Editor : H. Eddy D