Kamis, 5 Agustus 2021 | 08:12 WIB

Tausiyah Oded Bersama PDAM Tirtawening: Semua Kejadian Ada Manfaat Tergantung Manusia Menyikapi

foto

BANDUNG, indoartnews.com ~ Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menegaskan, semua kejadian dalam kehidupan memiliki manfaat. Tergantung dari manusia itu sendiri menyikapinya. Dalam pandangan Islam, sebuah pergerakan kehidupan dan aktivitas manusia. Tidak ada yang sia-sia, termasuk di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Oded mengungkapkan hal itu pada saat menyampaikan tausiyah secara virtual kepada karyawan dan karyawati PDAM Tirtawening di Pendopo, Senin (19/7-2021).

Oded menegaskan, pandemi Covid-19 yang dihadapi saat ini juga merupakan bagian dinamika kehidupan yang diberikan Allah SWT dalam bentuk cobaan.

"Begitu pula ketika ada Covid-19 sebagai umat Islam kita diajarkan oleh Allah SWT bahwa semua itu ada manfaatnya. Tinggal bagaimana kita menyikapi dan meresponnya.

Untuk itu Oded berharap karyawan PDAM Tirtawening tidak perlu mempermasalahkan pandemi Covid-19. Yang harus dipersiapkan adalah mentalitas dalam menghadapinya. "Kita jangan risau memasalahkan Covid-19 tapi yang perlu kita siapkan adalah mentalitas. Ini kuncinya," kata Oded.

Oded mengungkapkan ada 6 prinsip dalam mempertahankan kinerja di masa pandemi Covid-19 dari sudut pandang Islam.

Pertama, jadikan pekerjaan sebagai bentuk rahmat dari Allah. Ke-2, jadikan pekerjaan sebagai amanah dari Allah dan keluarga. Ke-3, jadikan pekerjaan sebagai panggilan jiwa. Ke-4, jadikan pekerjaan sebagai tempat aktualisasi diri. Ke-5, jadikan pekerjaan sebagai bentuk pengabdian dan ibadah kepada Allah. Ke-6, jadikan pekerjaan sebagai seni kreativitas dan inovasi yang dibingkai dengan kolaborasi dan kerjasama yang baik.**