Kamis, 5 Agustus 2021 | 07:31 WIB

Pemkot Bandung Salurkan Bansos ke Warga Terdampak PPKM Darurat

foto

Administrator

BANDUNG, indoartnews.com ~ Sejumlah 108.457 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai menerima bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yang disalurkan bertahap kepada mereka yang terdata di Dinas Sosial Kota Bandung.

Program lainnya, kata Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat menghadiri launching penyaluran bantuan beras PPKM 2021 di Gudang Bulog Bandung jalan Gedebage, Ahad (18/7-2021), di antaranya Program Keluarga Harapan (PKH) yang bersumber dari APBN berupa bantuan beras yang diberikan kepada 44.840 KPM masing-masing menerima 10 kg beras.

Program Bantuan Sosial Tunai (BST) bersumber dari APBD Kota Bandung yang djberikan kepada 63.617 KPM masing-masing menerima Rp. 500.000,- 

"Setelah rapat koordinasi dengan Menteri Sosial, Tri Rismaharini, Kota Bandung akan mendapat bantuan untuk 6.000 warga terdampak masing-masing menerima 5 kg beras jenis premium," jelas Yana.

Ia berharap dengan disalurkannya bansos PPKM, bisa meringankan beban warga yang terdampak adanya kebijakan PPKM Darurat.

"Tetapi meski begitu, Yana tidak menginginkan kebijakan PPKM Darurat itu terus berlanjut. Sebab, kebijakan itu memberi dampak sosial ekonomi yang cukup besar bagi masyarakat".

Untuk itu, ia mengajak masyarakat terus kompak bersama pemerintah memerangi wabah Covid-19. Dampak ekonomi dan sosial cukup tinggi hingga kita berharap pandemi segera berakhir dan untuk itu masyarakat juga turut membantu, bukan hanya pemerintah saja.

Saat itu, Wakil Wali Kota, Yana disertai Kepala Dinas Sosial setempat, Tono Rusdiantono membagikan bansos PKH langsung kepada warga Kel. Cimincrang. "Untuk uang tunai, in sya Allah besok (hari ini - Red) mulai disalurkan oleh pak Wali Kota," ujar Yana. 

Pada kesempatan itu, Kepala Kanwil Bulog Jawa Barat, Taufan Akib menyatakan, penyaluran bansos serentak Senin ini (19/7-2021) di seluruh Kota/Kabupaten di Jabar untuk 3,8 juta lebih warga Jabar menerima bantuan itu.

"Ini berarti butuh beras 38.000 ton beras diharapkan bansos melalui Kemensos ini dapat membantu saudara saudara kita yang terdampak dan bisa mencukupi kebutuhan pangan. Berasnya dengan kualitas medium. Mudah-mudahan tidak mengecewakan," ujar Taufan Akib.**