Selasa, 21 September 2021 | 18:28 WIB

Warga RW 02 Kelurahan Neglasari Gotong Royong Bantu yang Isoman

foto

Elly Susanto

Gedung Bumi Kitri tempat warga RW 02 Kel. Neglasari yang terpapar Covid-19 isoman, Kamis, (15/7).

BANDUNG, indoartnews.com ~ Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna mengapresiasi warga RW 02 Kelurahan Neglasari Kecamatan Cibeunying Kidul gotong royong membantu suplai makanan kepada warga yang tengah isolasi mandiri (isoman), sehingga kesehatannya terjaga.

Ema menyebutkan, PPKM Darurat di RW 02 berjalan cukup baik terutama penanganan swadaya masyarakat yang sedang isoman.

"Pak RW, RT sudah amat faham. Kepedulian antar warga juga luar biasa," kata Ema usai meninjau RW 02, Rabu (14/7/2021) dan menambahkan, aparat juga luar biasa kompaknya dari unsur Kecamatan, Polri dan TNI. Ini modal," tambahnya.

Ketua RW 02 Entus Heryana mendampingi Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna saat berkunjung ke wilayah 02 Kel. Neglasari, Rabu (14/7).

Ema juga melihat tempat khusus spesial untuk mereka yang isoman di Bumi Kitri milik Pramuka. Walau berbayar tapi ada nilai sosialnya. "Bagi siapa yang berkemampuan membayar, silahkan menggunakannya. Tentu dengan standar-standar yang harus terpenuhi, sumber daya manusia, kesehatannya juga ada," ucapnya.

Untuk itu, Ema pun berharap, sejumlah pihak ikut terlibat dalam menyiapkan tempat isoman. "Mayoritas masyarakat lebih memilih di rumahnya masing-masing. Ini mungkin menyangkut kenyamanan dan ketenangan. Silahkan saja, selama layak," katanya.

Sementara itu, Ketua RW 02, Entus Heryana mengemukakan, data awal warganya yang terpapar Covid-19 ada 15 orang dari 9 kepala keluarga. Namun, saat ini tinggal 3 orang yang sedang isoman di rumahnya masing-masing.

Penyerahan bantuan dari pengurus masjid Al' Amanah bagi warga terdampak Covid-19 yang diterima perwakilan dari pengurus RW 02 Neglasari.

Entus Heryana juga menjelaskan, RW 02 memiliki balai yang disiapkan untuk tempat isoman. "Tapi kami arahkan di rumahnya masing-masing dan alhamdulillah masyarakat juga respect," terangnya.

Ketua RW 02 Entus juga menyatakan bangganya karena pengurus Masjid Al Huda juga mengadakan baitul mall dengan menyediakan kencleng untuk membantu warga yang isoman.

Hasil kencleng khusus itu dari para jamaah disetor sebulan atau dua bulan sekali. "Alhamdulillah jamaah masjid Al Huda juga telah menjadi pendorong semangat gotong royong untuk warga yang sedang isoman," ujar Ketua RW Entus Heryana.

Sebelumnya, dalam program Cikutra Peduli pada Minggu 20 Juni 2021 di masjid Al Amanah RW 02 Cikutra, kata Ketua RW Entus ada 20 warga yang terdampak Covid-19 menerima manfaat kepedulian itu hasil kencleng yang diedarkan.**

Editor : H. Eddy D