Selasa, 21 September 2021 | 17:42 WIB

Tidak Semua Apotek Sedia Obat bagi Pasien Terpapar Covid-19

foto

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara

BANDUNG, indoartnews.com ~ Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara yang berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebutkan, tidak semua apotek di Kota Bandung menyediakan obat-obatan yang menjadi rujukan untuk pasien terpapar Covid-19 dengan gejala ringan.

Hal inilah yang diduga membuat masyarakat kesulitan mendapatkan obat-obat tersebut akhir-akhir ini. "Menurut BPOM, kata Ahyani, obat-obat itu hanya ada di beberapa apotek," kata Ahyani, Rabu (7/7-2021).

Namun Ahyani yakin, fasilitas kesehatan milik pemerintah mau pun yang jadi rujukan penanganan Covid-19 menyediakan obat-obatan tersebut. Karena Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yakin menyediakannya.

Ia pun menekankan, obat-obat itu misalnya anti virus dan juga vitamin C, rumah sakit yang menjadi rujukan dan Puskesmas mendapatkan alokasi obat dari Kemenkes.

Dinas Kesehatan telah menyalurkan obat-obatan tersebut secara berjenjang menyesuaikan dengan keperluan dan pengajuan fasilitas kesehatan.

"Tata caranya, kata Ahyani, dengan mengajukan permohonan melalui Dinas Kesehatan juga melalui Dinas Kesehatan Provinsi".

Kondisi saat ini, Dinas Kesehatan Kota Bandung selalu mengajukan permohonan melalui Dinas Kesehatan Provinsi ke Kementerian Kesehatan, sesuai kebutuhan pelayanan dan alokasi secara bertahap, pungkas Ahyani.**

Editor : H. Eddy D