Kamis, 5 Agustus 2021 | 07:58 WIB

RSHS Keberatan dengan Hoaks RS Penuh Pasien Covid-19

foto

Rilis berisi bantahan RSHS overload dan beberapa korban meninggal di UGD.

BANDUNG, indoartnrws.com ~ Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung didera kabar hoaks yang mengabarkan terjadi lonjakan kasus Covid-19 hingga tidak bisa menampungnya. Bahkan rumah sakit lain pun dikabarkan penuh.

Berita yang tidak jelas sumbernya itu juga menyebutkan info ini dari yang on duty di RSHS dengan pesan pasien Covid-19 sangat luar biasa. UGD RSHS overload dan beberapa korban meninggal di UGD, pasien dan ambulance dari luar mengantri di luar dan lobby UGD. Berita itu menyesatkan dan menimbulkan kekhawatiran masyarakat.

Berita-berita yang dinilai hoaks ini memunculkan bantahan dari manajemen RSHS pada Jum'at 11 Juni 2021 yang berisi menyatakan keberatan dengan berita yang tidak jelas sumbernya. 

Melalui rilisnya yang ditandatangani Plh. Direktur Medik Keperawatan dan Penunjang RSHS, dr. Yana Akhmad Sp. PD-KP, RSHS mengklarifikasi pemberitaan terjadinya lonjakan kasus pasien Covid-19 RSHS.

Dalam klarifikasi itu ada 4 hal penting. Pertama, benar di RSHS terutama di IGD ada peningkatan kasus Covid-19. Namun, suasana tidak segenting seperti informasi yang beredar. Kondisi masih terkendali dan seluruh pasien dapat dilayani.

Selain itu, peningkatan tidak secara drastis dalam waktu singkat melainkan sedikit demi sedikit dan itu sudah tampak sejak pertengahan Mei 2021.

Disebutkan pula, kapasitas Gedung Kemuning, ruang rawat inap khusus Covid-19, sampai saat ini masih tersedia. 

Masyarakat dihimbau jangan panik. Namun tetap waspada dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, tidak keluar rumah jika terlalu mendesak/penting dan selalu menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungan.**

Editor : H. Eddy D